Pizza Mini Qu : Makin Agresif di 2013

Posted by at 8:53 am 0 Comment Print

Setelah berhasil membukukan 30 outlet pada tahun 2012, Pizza Mini Qu pada 6 bulan pertama tahun 2013 menargetkan 40 outlet baru di Jabodetabek dan 40 outlet baru di luar kota. Seperti apa bisnisnya?

Brand yang mengusung tageline “Harga Mini Kualitas Maxi” ini menurut Ibnu Hari Wibowo, Owner Pizza Mini Qu berkembang cukup menggembirakan. Dengan ukuran mini, jelas Ibnu, harganya secara otomatis lebih hemat. Namun secara kualitas, tambahnya, performance rasa tidak kalah dari produk pizza yang sudah branded di negeri ini. Wajar, sambutan masyarakat terhadap Pizza Mini Qu sangat antusias.

“Alhamdulillah, tanggapan dari konsumen yang sering makan pizza di resto itu, memberikan testimoni yang baik. Bahkan, salah seorang cheff dari resto pizza terbesar dan terkenal itu pun mengatakan, bahwa kelezatan Pizza Mini Qu nyaris tidak ada bedanya dengan racikannya,” papar Ibnu, nama panggilannya.

Saat ini, lanjutnya, ada 4 menu pizza yang ditawarkan Pizza Mini Qu. Yakni; Pizza Komplit, Beef Lover Pizza, Minced Beef Pizza Dan Sosis Pizza. Masing-masing dengan harga berkisar antara Rp 5 – Rp 8 ribu untuk ukuran mini personal (10 cm), tergantung topping yang digunakan. Sedangkan untuk ukuran mini family dengan ukuran lebih besar 5 cm, dibandrol dengan harga Rp 8 hingga Rp 11 ribu.

Menurut Ibnu, Pizza MiniQu berbeda dengan brand lain pada umumnya yang menyajikan menu tidak berganti-ganti sepanjang tahun. Di Pizza Mini Qu update menu dilakukan secara berkala setiap 4 -7 bulan sekali. “Misalnya bulan Desember ini, Pizza Mini Qu telah meluncurkan menu baru Fresh Fruit Pizza sebanyak 2 varian rasa dan All about chicken Pizza,” katanya.

Ibnu mengakui, bahwa ia tidak sendirian bermain di bisnis kuliner pizza ini. Tapi hal itu, ungkapnya, merupakan inspirasi untuk terus berinovasi. “Kompetitor adalah kawan untuk terus berinovasi. Karena mereka kita jadi mawas dan terus mengevaluasi diri,” paparnya. Selain itu, ia juga tidak terlalu khawatir dengan persaingan, sebab ceruk pasarnya masih terbuka lebar dan luas.

“Apalagi kami memiliki banyak perbedaan. Mitra kami yang telah tersebar di Jabodetabek, Bandung, Banda Aceh, Belitung, Kalimantan dan lain-lain, sejauh ini mereka sangat menikmati bisnis ini,” tandasnya.

Perhatian intensif juga terus dilakukan manajemen Pizza Mini Qu terhadap para mitra-mitranya. Salah satu contohnya, tambah Ibnu, mitranya yang berada di Sawangan- Depok, yang menemui kesulitan dalam pengelolan booth, diberikan jalan keluar dengan dipertemukan dengan calon mitra yang ingin bergabung tetapi terkendala modal.

“Seperti Bapak Hafidz Alvian, S.Pd. mitra kami di Sawangan, 2 outlet yang dikelola dengan kerja sama itu, saat ini berhasil meraih omset berkisar antara Rp 200 – Rp 350 ribu per booth/hari. Dan sekarang tengah dalam proses peluncuran outlet ketiganya,” sebut Ibnu. Dan rata-rata, tambahnya, masing-masing outlet yang dimiliki mitra mampu meraup omset berkisar antara Rp 8 – 13 juta perbulan.

Sejalan dengan target jumlah angka mitra yang ingin menembus 80 outlet di 6 bulan pertama pada tahun 2013. Pizza Mini Qu terus melakukan branding untuk menjaring mitra. Investasi awal yang ditawarkan terbagi menjadi 4 paket kemitraan. Yang terdiri dari paket Rp 8 juta, paket Rp 9 juta, paket Rp 10 juta dan paket Rp 16 juta. “Nah, nilai investasi sebesar itu, mitra akan mencapai BEP dalam waktu 6 – 9 bulan, tergantung paket yang dipilih,” kata Ibnu.

Selain itu, lanjutnya, bagi yang memiliki booth karena pernah membuka usaha food and beverages namun kandas. Pizza Mini Qu siap memberdayakan booth tersebut untuk mitra dengan paket investasi khusus senilai Rp 6 juta. Tertarik?

Sirad Firdaus

Info Usaha Keagenan Laporan Utama

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery