SunPretty Laundry – Laundry Terhemat dan Termurah di Kota Solo

Posted by at 10:06 am 0 Comment Print

Bisnis asal Kota Solo ini menawarkan investasi terhemat dan termurah sebagai jurus andalannya meraih investor. Seperti apa bisnisnya?

Niat untuk mendirikan usaha laundry sebenarnya telah tercetus sejak tahun 2007 lalu. Akan tetapi, baru berhasil direalisasikan oleh Rahajeng Sasi Kirana, atau yang biasa disapa Sasi, dua tahun kemudian, di tahun 2009. Alasannya, lebih dikarenakan modal yang kurang mencukupi.

Namun demikian, berdirinya SunPreety salon pun tidak serta merta telah memiliki modal yang cukup. “Saya nekat mengambil keputusan untuk mendirikan bisnis ini. Modal yang pertama, saya angkut mesin cuci mami. Kemudian, di awal-awal berdirinya bisnis laundry ini belum ada laba yang saya terima. Kemudian saya berinisiatif, ketika itu saya masih bekerja, saya bawa pakaian kotor teman-teman untuk meramaikan omset bisnis saya,” kisah Sasi seraya tersenyum.

Jerih payah Sasi membuahkan hasil. Beberapa bulan kemudian, laundry miliknya ramai dikunjungi konsumen. Apalagi penempatan lokasinya cukup strategis, di sekitar kampus. Menurut Sasi, lokasi itu sejatinya adalah kos-kosan milik kakeknya yang ia kontrak dan ia renovasi. Bahkan, akhirnya Sasi mampu memiliki mesin cuci dan mesin pengering sendiri plus merek dagang SunPreety Laundry dikenal luas. “Juga omset yang naik setahap demi setahap namun pasti,” papar Sasi.

Konsep yang diusung oleh SunPreety Laundry memang cukup unik dan simple. Paduan warna yang menarik plus kehangatan pelayanan yang diberikan, mampu memikat hati konsumen. Belum lagi kualitas yang ditawarkan berkat chemical khusus yang dimilikinya. Sehingga, segala macam permasalahan pakaian bisa teratasi. “Kami juga menawarkan jasa cucian hanya dalam waktu 4 jam, namun tidak mengurangi kualitas sedikit pun. Ini juga yang menjadi kelebihan kami,” ungkap Sasi.

Sasi juga boleh berbangga hati, belum lama ini mereknya dianugerahi penghargaan dari Kementerian UKM dan Koperasi Republik Indonesia sebagai the Indonesian Small Medium Business Entrepreneur Award (ISMBEA) 2012. Sunpretty Laundry masuk dalam kategori Industri Kreatif Berkembang tahun 2012.

Penghargaan tersebut memang layak disematkan kepada merek asal Solo ini. Pasalnya, SunPreety mengusung konsep Kemitraan Laundry Kiloan murah. Selain itu, Sunpretty Laundry memiliki inovasi di bidang Spa Laundry, yakni layanan ekslusive untuk customer berupa laundry satuan dengan aroma therapy. “Alhamdulillah, ini merupakan kado teristimewa dari Kementerian UKM dan Koperasi Republik Indonesia. Kami sempat tidak menyangka akan mendapatkannya,” ungkap Sasi merendah.

Melihat respon yang positif serta penganugerahan yang memacu semangat Sasi untuk terus berprestasi, Sasi kini membuka peluang kerjasama kemitraan maupun keagenan. Merek yang dikelola bersama Virina Ayu Wulan, adiknya, ini siap melakukan penetrasi keluar dari Solo. Saat ini, sudah ada enam mitra yang bergabung bersamanya.

“SunPretty Laundry telah mengembangkan jaringan cabang ke Jogjakarta dan  telah memiliki mitra yang berada di Makasar, Bekasi, Solo, Jogja, Semarang dan Denpasar. Selain itu, produksi perlengkapan laundry kami juga sudah dipasarkan di beberapa kota di pulau Jawa, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan Bali,” ujar Sasi.

Untuk menjadi mitra dari SunPreety Laundry ini cukup mudah dan ringan. Ada beberapa paket yang ditawarkan kepada calon mitranya dengan jumlah investasi yang sangat terjangkau diantaranya Paket Cute dengan investasi Rp 11.900 ribu, Paket Charm dengan investasi Rp 14.900 ribu, Paket Smart Rp 20.900 ribu, dan Paket Brilliant dengan investasi Rp 45 juta.

Seluruh paket, ulas Sasi, bebas royalty fee. Sebab, Sasi memiliki sebuah misi bukan hanya menambah gerai semata, melainkan membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk menjadi pebisnis dan menikmati kesuksesan yang diraihnya. “Bahkan kami support detergent atau pewangi setiap bulannya. Kami juga memiliki program free of charge untuk semua peralatan ibadah, sebab kami juga tidak ingin melupakan peran sosial serta spiritual yang menurut kami sangat penting dalam bisnis,” pungkas Sasi. Anda berminat jadi mitra selanjutnya?

Syaiful Anwar

Laundry Peluang Bisnis Daerah

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery