Ayam Bakar-Goreng Tamsis – Mulai Rambahi Dunia Franchise Setelah Berdiri 10 Tahun Lebih

Posted by at 9:42 am 0 Comment Print

Berbekal pengalaman dan kualitas, Ayam Bakar-Goreng Tamsis siap rambahi bisnis berkonsep franchise. Bagaimana prospek ke depannya?

 

Produk yang berkualitas jika tidak dikelola oleh orang yang berpengalaman tidak akan mengalami kemajuan yang cepat. Bahkan tak jarang, usaha yang dikelola akan bangkrut karena kalah bersaing. Jadi produk berkualitas saja tidak cukup. Produk yang berkualitas harus dikelola oleh orang-orang yang memang sudah berpengalaman. Pengalaman dan kualitas merupakan modal yang penting di dalam membangun suatu usaha. Dua modal inilah (pengalaman dan kualitas) yang menjadi kekuatan franchise Ayam Bakar-Goreng Tamsis.

Adalah Gatot Agus Wahyono, seorang mantan karyawan yang jenuh dengan pekerjaan hariannya, mulai merintis Ayam Bakar-Goreng Tamsis pada tanggal 24 September 1998. Gatot memulai usahanya dengan nama Ayam Bakar Taman Siswa di Jalan Taman Siswa Jogyakarta. Awalnya, Gatot mendirikan usahanya dengan konsep warung tenda yang dibuka pada sore hari. Munculnya ide mendirikan Ayam Bakar Taman Siswa berawal saat dirinya merasa jenuh dengan pekerjaan hariannya sebagai karyawan. Dengan berbekal semangat dan keinginan yang kuat untuk berwiraswasta, akhirnya Gatot memulai usahanya ini.

Tahun demi tahun, usahanya terus mengalami peningkatan, baik dari segi menu maupun omset yang didapat. Mulai dari hanya memiliki satu menu, yaitu ayam bakar, kemudian berkembang dengan menyediakan banyak menu-menu lainnya. Dari hanya menunggu kedatangan pengunjung, sekarang sudah melayani berbagai pesanan. Omsetnya pun bertambah dari yang hanya bisa menjual 3 – 5 kg ayam, sekarang sudah mampu menjual hingga 100 kg per hari. Dengan penjualan sebesar itu, Gatot bisa meraup omset hingga Rp 10 juta per hari.

Semakin bertambahnya pengunjung dari waktu ke waktu, menunjukan bahwa produk Ayam Bakar Taman Siswa milik Gatot ini memang disukai oleh masyarakat. “Di awal saat memulai usaha, Ayam Bakar Taman Siswa sempat dipandang sebelah mata. Tapi begitu pelanggan tahu kelezatan rasanya dan empuk dagingnya, maka orang mulai tertarik dan ketagihan dengan Ayama Bakar Tamsis,” kata Gatot.

Perkembangan Ayam Bakar Tamsis berlanjut. Setelah 10 tahun berdiri dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah, kini Ayam Bakar Tamsis mulai menggunakan konsep franchise. Usia usaha yang sudah cukup serta memiliki ciri khas dan keunikan menjadikan Ayam Bakar Tamsis layak untuk berkiprah di industri franchise. Fen Saparita, Owner PT Melia Pilar Utama juga melihat peluang tersebut. Fen, yang sudah puluhan tahun berkiprah sebagai praktisi franchise di bidang jasa laundry, melihat Ayam Bakar Tamsis ini cukup prospek jika dikenalkan di industri franchise. Akhirnya Fen dan Gatot pun sepakat untuk mengembangkan bisnis kuliner ini ke seluruh Indonesia dengan menggunakan konsep franchise. Dari kesepakatan ini lahirlah franchise Ayam Bakar-Goreng Tamsis.

“Persaingan di bisnis serupa memang ketat. Tapi saya optimis Ayam Bakar-Goreng Tamsis ini memiliki prospek yang bagus. Selain produknya berkualitas, kami juga sudah punya pengalaman yang cukup untuk mengembangkan bisnis ini,” pungkas Fen.

Ayam Bakar-Goreng Tamsis menawarkan dua jenis paket bagi yang tertarik untuk bermitra menjadi franchisee mereka. Paket pertama yaitu Paket Mini Resto  dengan investasi sebesar Rp 245 juta. Paket Mini Resto ini merupakan paket restoran mini Ayam Bakar-Goreng Tamsis dengan tempat seluas 50 – 100 m2.  Sedangkan paket lainnya yang ditawarkan adalah Paket Resto dengan investasi sebesar Rp 365 juta. Paket Resto adalah paket restoran dengan tempat seluas 110 – 220 m2. Franchisee akan dikenakan royalty fee sebesar 5% dari omzet plus PPn yang dibayarkan setiap sebulan sekali.

Hingga saat ini Ayam Bakar-Goreng Tamsis sudah memiliki 3 mitra franchise di Jogyakarta dan Jakarta. Selain itu sudah ada beberapa pemilik foodcourt yang tertarik untuk bermitra dengan mereka. Ke depan, Fen dan Gatot akan terus mengenalkan Ayam Bakar-Goreng Tamsis ke seluruh Indonesia. Harapannya, bisa bermitra dan mendirikan Ayam Bakar-Goreng Tamsis di setiap propinsi yang ada. Dengan begitu, Ayam Bakar-Goreng Tamsis bisa memberikan keuntungan secara finansial dan kepuasan bagi mitra dan franchisee. Selain itu, tentunya, kehadiran Ayam Bakar-Goreng Tamsis ini akan menjadi pilihan baru untuk berwirausaha serta bisa memberikan lapangan kerja bagi orang banyak.

 

Rahmat HM

Info Usaha Peluang Bisnis Daerah

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery