Resto Crunchys Chicken & Bento – Siap Taklukkan Ibu Kota

Posted by at 9:22 am 0 Comment Print

Sukses mengembangkan bisnis berkonsep booth dan mengembangkan konsep resto di daerah-daerah, Crunchys Chicken & Bento siap menjajal peruntungannya di Jakarta. Bagaimana peluangnya?

Setelah sukses mengembangkan jaringan bisnis kemitraan berkonsep booth hampir di seluruh penjuru nusantara, Crunchys Chicken & Bento mulai berkonsentrasi mengembangkan konsep restonya dan mulai siap merambah Ibu Kota Jakarta. Menurut Maria Nangoi, Owner Crunchys Chicken & Bento, konsep resto sebenarnya telah diperkenalkannya berbarengan dengan konsep booth.

Namun pengembangannya, ujar Maria, lebih dikonsentrasikan ke daerah-daerah. Karena permintaan di daerah saat itu, katanya, cukup banyak dan responya juga positif. Menurut Maria, saat ini sudah ada total 100 buah outlet yang tersebar di seluruh nusantara kecuali Papua. Dan 25 diantaranya adalah berkonsep resto.

“Misi awal kami sebenarnya adalah gerai dan hanya mencakup Jabodetabek. Konsep booth kemudian kami tawarkan ke daerah, namun tanggapannya kurang positif. Mereka lebih memilih konsep resto. Ternyata konsep ini melebihi ekspektasi kami. Animo daerah sangat positif, dan mereka lebih memilih konsep resto dari pada booth. Atas dasar itulah kami siap masuk Jabodetabek,” ulas Maria.

Respon positif di daerah-daerah dianggap Maria sebagai sebuah modal awal dalam mengembangkan konsep resto ini. Selain itu, ujar Maria, menu-menu yang lebih variatif siap menjadi diferensiasi dibandingkan bisnis sejenis. Dan tentu saja keunggulan pada rasa yang dianggap Maria bisa diadu bahkan dengan brand global sekalipun.

“Saya sudah melakukan survey pasar. Memang, ada beberapa brand lokal yang sudah terlebih dahulu eksis di Jabodetabek, namun saya percaya diri mampu menyaingi mereka. Sebab, setelah saya cicipi, produk saya lebih nikmat dan bahkan boleh diadu dengan brand global sekalipun. Untuk menu, selain ayam sebagai menu andalan, kami juga menawarkan bento, burger, spageti, stik, dan banyak lainnya. Jadi, konsep kami seperti model kafe,” jelas Maria.

Maria mengungkapkan, saat ini banyak pelaku bisnis sudah keluar dari pakem bisnisnya. Artinya, jika awalnya satu brand mengandalkan satu produk saja, kini juga menawarkan produk lainnya, dan terbukti berhasil. Hal itulah yang melatarbelakangi dirinya melakukan hal yang sama. Akan tetapi, menurut Maria, dengan segmentasi middle low, plus harga yang membumi, dapat dilihat dari har produk Crunchy Chicken & Bento mulai dari Rp 9000, Maria yakin mereknya lebih unggul dari pemain lainnya di pasar.

Bukan hanya dari sisi produk yang unggul. Maria menjelaskan, dari model serta konsep resto yang diusungnya pun memberikan warna berbeda baik dari segi tampilan dan kombinasi warna dan logo serta pelayanan. Sehingga faktor tersebut dianggap Maria akan mempengaruhi psikologi konsumen untuk datang dan membeli serta menjadi konsumen setia setelah merasakan sensasi rasa dan kenyamanan yang ditawarkan.

Brand besutan pasangan suami istri Maria Nangoi dan Annes Barno ini menawarkan peluang bisnis resto yang cukup flexible kepada calon mitranya. Salah satu contohnya adalah furniture. Bagi calon mitra yang telah memiliki komponen tersebut, Maria tidak mewajibkan untuk membeli. “Tinggal disesuaikan saja dengan standar pusat,” ujarnya.

Nah, untuk investasi pun cukup flexible. Menurut Maria, karena ini masih dalam tahap promosi untuk area Jabodetabek, ia memberikan harga special. Dengan investasi mulai dari Rp 50 juta, mitra sudah bisa running menjalankan usaha ini.

“Karena ini masih dalam tahap promosi dan berbarengan dengan prototype kami yang di Jabodetabek, maka kami hanya bertindak sebagai konsultan dan jual produk saja untuk saat ini. Artinya, kami  untuk sementara hanya menjual brand saja dan bumbu. Selebihnya seperti furniture dan lain-lain kami memberikan keleluasaan. Investasinya minimal Rp 50 juta diluar tempat, dan disesuaikan dengan lokasi,” pungkas Maria. Anda tertarik?

Syaiful Anwar

Info Usaha Peluang Bisnis Daerah

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery