Laundryku – Unggul di kualitas, higienitas dan kenyamanan

Posted by at 2:55 pm 0 Comment Print

Laundryku diciptakan untuk menyasar segmen market middle low. Meski demikian, jaminan kualitas, higienitas dan kenyamanan menjadikannya sebagai merek laundry kiloan bercita rasa premium. Seperti apa prospek bisnisnya?

Bisnis laundry memang kian marak belakangan ini. Gaya hidup masyarakat yang menginginkan segalanya serba praktis dan efisien termasuk mencuci, menjadi pemicu utama bisnis ini berkembangbiak. Jika laundry dengan segmen middle up saja bisa begitu perkasa, laundry di segmen market middle low pun tidak kalah perkasa.  Profit yang dihasilkan pun tak bisa dibilang sedikit.

Namun, patut dicatat. Konsumen kini lebih sadar akan nilai kualitas, higienitas maupun kenyamanan. Bagi mereka, faktor ekonomis memang penting namun harus diimbangi dengan nilai lebih yang akan mereka dapatkan. Dan, tidak semua laundry di segmen middle low memberikannya.

Nah, salah satu merek yang memberikan added value kepada konsumennya selain nilai ekonomis adalah Laundryku. Laundry kiloan ini sejak awal berdiri memang berkonsentrasi kepada kualitas, higienitas dan kenyamanan.

Menurut Direktur Marketing Laundryku, Rozalih, Laundryku berusaha mengerti kebutuhan konsumen untuk layanan cucian yang cepat, bersih, terjamin dan dengan harga yang terjangkau. “Untuk itulah Laundryku hadir dengan mengusung konsep hygiene, halal, berkualitas, pelayanan maksimal dan tentu saja terjangkau serta keunggulan lainnya,” ujar Rozalih.

Beberapa hal yang menjadi konsentrasi Laundryku diantaranya faktor kebersihan dan higienitas. Rozalih mengungkapkan jika hal tersebut sangat dijunjung dan diperhatikan oleh Laundryku. Oleh karena itu lanjut Rozalih, Laundryku hanya menggunakan detergen dengan khusus.

“Kami menggunakan anti-bacterial agent khusus yang telah terbukti 99% efektif membunuh bakteri dan jamur yang selalu terdapat dan tertinggal pada pakaian akibat keringat, kotoran dari tubuh, maupun karena paparan lingkungan. Kami tidak akan menutupi bau dan baju yang masih kotor hanya dengan pewangi, karena cucian yang wangi pada kenyataannya belum tentu bersih. Kami menjamin untuk selalu memberikan hasil pencucian dengan tingkat kebersihan yang maksimal,” tegas Rozalih.

Selain hygiene, Rozalih juga mengungkapkan jika faktor kehalalan juga penting. Lho? Ternyata, di dunia ucek-ucek standar kehalalan juga perlu. Sebab, kebanyakan softener sebenarnya terbuat dari lemak binatang. Informasi yang kurang lengkap tentang asal muasal lemak tersebut kadang mengurangi kenyamanan dalam mencuci atau menggunakan jasa pencucian.

Nah, untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap mayoritas masyarakat Indonesia yang notabene muslim, Laundryku telah mendapatkan sertifikasi kehalalan dari MUI. “Sebagai wujud kesungguhan kami untuk menjadi laundry kilo no.1 yang mampu memberikan totalitas kebersihan dan kenyamanan yang sempurna bagi konsumen, sertifikasi halal MUI no.00170059351011 telah kami kantongi. Hal ini juga menjadikan Laundryku jauh lebih istimewa bila dibandingkan laundry kiloan pada umumnya,” kata Rozalih.

Menurut Rozalih, Laundryku memiliki formula khusus untuk softenernya. Formulanya ini terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang halal dan ramah lingkungan. Selain itu, detergen yang digunakannya liquid berasal dari Amerika yang memiliki daya kerja tinggi dan membersihkan jauh lebih maksimal.

Keistimewaan selanjutnya, papar Rozalih, terdapat di mesinnya. Laundryku menggunakan mesin cuci commercial heavy duty buatan Amerika yang terjamin kualitasnya serta memiliki daya tampung yang besar. Performa mesin memiliki kinerja gerak yang lebih lama dibandingkan mesin cuci rumah tangga biasa, sehingga memiliki daya membersihkan pakaian yang jauh lebih sempurna dan efisien. Durability mesin pun lebih baik dibanding mesin cuci biasa sehingga mampu bertahan lebih lama dan meminimalisasi biaya penggantian dan perawatan mesin.

“Keunggulan lainnya, Laundryku menggunakan system penimbangan elektronik yang terkomputerisasi secara akurat sampai kehitungan gram. Data akan langsung ter-input pada system dan harga akan langsung muncul sesuai detail berat cucian. Sehingga lebih efisien dan memaksimalkan layanan,” jelas Rozalih.

Tidak mengherankan jika konsumen langsung jatuh hati terhadap merek ini dengan keunggulan yang melebihi ekspektasi mereka, laundry kiloan dengan kualitas premium. Alhasil, menginjak tahun keduanya, Laundryku mampu dengan cepat mengembangkan bisnisnya. Saat ini setidaknya sudah ada lima belas mitra yang bergabung dan puluhan dalam list selanjutnya.

Laundryku menawarkan dua pilihan paket kerjasama yakni paket A dan paket B. untuk paket A, investor cukup menginvestasikan sejumlah Rp 139 juta. Nominal tersebut termasuk franchise fee. Estimasi balik modal + 2,2 tahun. Paket selanjutnya B dengan nilai investasi Rp 169 juta. Paket ini juga sudah termasuk franchise fee di dalamnya dan dengan estimasi balik modal + 1,1 tahun. Kedua bentuk paket tersebut dikenakan royalty fee sebesar 8% dengan jangka waktu kerjasama yang sama, yakni 5 tahun.

 

 

Syaiful Anwar

Laundry Peluang Bisnis Daerah

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery