ADN Adrenalin – Profit Mengalir Dari Bisnis Jaket Motor

Posted by at 2:18 pm 2 Comments Print

Berawal dari ‘hanya’ memasarkan produk orang lain, kini Yoad Nazriga Sunarto kian Berjaya dengan ADN Adrenalin.  Salah satunya strateginya adalah dengan mengembangkan konsep keagenan. Seperti apa?

Awalnya, Yoad yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa ini hanya menjalani aktivitas trading saja, dengan menjual produk jaket orang lain via internet pada Septerber 2010. Namun, maraknya respon yang dia dapat, naluri entrepreneur-nya muncul dan ‘memaksanya’ untuk memproduksi jaket motor dengan menitikberatkan pada kualitas bahan baku dan sistem pemasaran yang terintegrasi. Karena pasarnya luas dan target marketnya juga tak terbatas. “Kami melihat prospek jaket motor ini sangat bagus, karena banyak yang beli. Kami juga melihat banyaknya pengguna motor yang tidak menggunakan jaket yang safety. Di awal 2011 kami memberanikan diri mendirikan konveksi untuk memproduksi sendiri jaket motor, yang kami beri merek ADN Adrenalin.”

Bersamanya rekannya, Ihsanudin, Yoad memproduksi jaket tersebut sejak Januari 2011 dan mulai hanya dengan 1 orang karyawan. Seiring berjalannya waktu, setiap bulan terus bertambah. “Saat ini sudah 16 karyawan dengan 12 mesin jahit, dan terus akan bertambah,” ujarnya. Lokasi konveksi Yoad berada di daerah Sarijadi – Bandung. Soal desain,  Yoad mengikuti tren yang ada dengan mengombinasikan model-model jaket luar negeri. “Kami juga menerima pesanan desain dari costumer, minimal pemesanan 20 pcs, biasanya yang seperti ini dipesan untuk komunitas (club) motor atau untuk perusahaan,” kata Juara kategori umum pada ajang Sosro Youth Business Competition 2011 dan Finalis Wirausaha Mandiri 2011.

Soal kualitas produk ADN Adrenalin, Yoad berani menggaransi bahwa jaket ADN Adrenalin berasal dari bahan baku yang berkualitas baik. “Kami menggunakan cordura atau cordura poliester yang anti air (80%) dan anti angin (95%). Bahan dalam kami gunakan saten yang di-quilting, adem dan tidak panas. Resleting YKK. Jahitan rapi. Nyaman digunakan karena polanya mengikuti bentuk tubuh, body-fit,” demikian dijelaskan Yoad.

Buka Peluang Keagenan

Selain menjual produknya sendiri, Yoad juga mengembangkan sistem keagenan. Saat ini, menurutnya sudah ada belasan agen formal yang tersebar di berbagai kota, bahkan di luar negeri seperti Malaysia. “Agen-agen kami promosikan di website,” katanya. Investasi keagenannya cukup terjangkau, calon agen hanya membeli minimal 10 pcs, atau kira-kira Rp 2 juta. Pembelian berikutnya boleh 1 pcs saja, tetapi dalam 1 bulan agen harus bisa menjual minimal 10 pcs. Profit margin untuk agen sebesar 25% dari harga konsumen. “Itu special diskon kami,” katanya. Daerah yang masih berpeluang untuk jadi agen ada seluruh wilayah di Indonesia selain Jabodetabek, Surabaya, Malang, Denpasar, Jogja, dan Sidoarjo. Untuk memproteksi para agennya, Yoad tidak akan menerima agen lain di kota yang sudah ada agen tersebut, kecuali jika tempatnya berjauhan.

Agar top of mind di benak konsumen makin kuat, Yoad fokus hanya bermain di ranah di jaket motor. Alasanya supaya brandingnya kuat, sehingga dalam benak konsumen itu ADN Adrenalin adalah merek jaket motor. “Jika orang ingin membeli jaket motor, ingat Adrenalin. Kami juga membentuk pola komunikasi bahwa jaket Adrenalin kental unsur safety-nya, seperti busa yang dilapisi anti-slip sehingga melindungi dari bahaya kecelakaan atau protektor lainnya, dan dengan model-model-nya  macho,” katanya.

Selain itu, Yoad sangat optimis jika tahun 2012 ia bisa menjual sampai 1500 pcs jaket. “Itu target saya,” katanya. Realisasinya  sampai saat ini penjualan jaketnya mencapai 500-700 pcs per bulan. “Kami menyasar semua kanal, baik online maupun offline, untuk memaksimalkan penjualan,” katanya bangga. Tak heran jika omset bulanannya mencapai Rp 100 juta lebih. Sungguh sebuah inspirasi untuk Anda yang berjiwa wirausaha. Tertarik menjadi agennya?

Mahmud

 

Fashion Keagenan

Related Posts

2 Comments


  1. joko winarto, 5 years ago Reply

    Bagaimana mengawali usaha ini ya…. syarat dan ketentuan lainnya. Thz


    • fauzie, 5 years ago Reply

      Untuk Info Lebih Lanjut Mengenai Peluang Bisnis Jaket ADN Adrenalin silakan bapak menghubungi
      085721281184
      Pin BB: 28F297DE
      email : adn.adrenalin@yahoo.com
      Info Keagenan: 087722203338

      Terima Kasih atas Perhatian Bapak Terhadap Tabloid BO

      Redaksi


Leave a Reply

Connect

Photo Gallery