Mahioka – Mengubah Singkong Jadi Makanan Berkelas

Posted by at 2:01 pm 2 Comments Print

Mahioka mampu mengolah singkong menjadi produk berkelas dan bernilai jual tinggi. Mereka juga menawarkan peluang usaha kemitraan. Bagaimana prospek usaha mereka ke depannya?

Berwirausaha memang memerlukan kreativitas dan keberanian. Dengan dua hal tersebut pengusaha akan mampu menciptakan suatu produk yang memiliki nilai jual dan laku di pasaran. Seperti  yang juga dilakukan oleh Yoganita Wahyu Artanti yang mampu mengolah singkong menjadi produk cemilan yang inovatif. Melalui brand Mahioka, Yoga ingin mengubah singkong menjadi makanan mewah dan berkelas sehingga memiliki nilai ekonomis tinggi yang bisa bersaing di pasar dunia.

Manager Marketing Mahioka Yogi Dwi Oktarianto mengatakan kalau usaha Mahioka ini bertujuan untuk menaikan singkong menjadi makanan yang lebih berkelas. “Mahioka ingin mengangkat citra singkong atau ubi yang merupakan makanan lokal agar bisa dikenal oleh masyarakat luas, bahkan mendunia,” kata Yogi.

Produk yang dikembangkan  Mahioka adalah produk dari bahan baku umbi-umbian, di antaranya singkong, ubi ungu, dan ubi kuning. Menurut Yogi, perpaduan warna kuning dan ungu merupakan perpaduan yang cantik  dalam mengawali usahanya. Dengan membuat kemasan yang eye catching, Yogi berharap produk Mahioka mampu menarik pasar secara umum. Karena singkong dan ubi ini merupakan makanan rakyat,  maka Mahioka ingin menyasar ke pasar semua kalangan.

“Secara khusus pasar yang dituju adalah daily consumption dengan kemitraan yang kami tawarkan dalam model gerai-gerai. Sedangkan untuk kalangan middle up, kami tawarkan produk ini ke kafe, restoran, minimarket, dan supermarket dalam kemasan frozen food,” jelas Yogi.

Ada dua konsep bisnis yang digunakan Mahioka untuk mengembangkan jaringan dan pemasaran, yaitu konsep keagenan dan konsep kemitraan. Dua konsep bisnis ini merupakan peluang usaha yang ditawarkan Mahioka untuk masyarakat yang ingin berwirausaha dengan modal yang terjangkau. Untuk bekerja sama dalam konsep keagenan Mahioka diperlukan biaya investasi sebesar Rp 10 juta. Investasi ini sudah termasuk biaya blocking place dan initial fee dengan kontrak selama 3 tahun. Mitra agen juga mendapatkan semua peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk berwirausaha.

Sedangkan di dalam konsep kemitraan, Mahioka menawarkan dua jenis kemitraan, yaitu kemitraan booth/gerai dan kemitraan retail. Kemitraan booth/gerai merupakan bentuk kerja sama antara manajemen dan mitra dengan model gerobak yang mobile. Untuk bergabung menjadi mitra booth/gerai, calon mitra cukup mengeluarkan investasi sebesar Rp 6 juta. Kemitraan jenis lainnya adalah kemitraan retail, yaitu kerja sama kemitraan dimana retailer membantu mendistribusikan dan menjualkan produk dalam bentuk jadi (siap jual).  Untuk menjadi mitra retail calon mitra dikenakan biaya investasi sebesar Rp 5 juta.

“Kami akan memulai pemasaran dengan strategi gras-root, dari lingkup mikro. Bisnis yang ditawarkan merupakan bisnis yang terjangkau. Setelah mitra puas dan produk mulai dikenal kami akan kembangkan target pasar di supermarket hingga ekspor ke luar negeri,” jelas Yogi.

Meski baru diluncurkan Maret tahun ini, kata Yogi, Mahioka sudah mendapatkan respon yang bagus dari masyarakat. Mahioka, masih kata Yogi, memiliki prospek bisnis yang menjanjikan dengan tawaran investasi yang terjangkau dan pengembalian modal yang rasional. Dalam hal persaingan, Mahioka menyebutnya sebagai 50:50, karena kebutuhan manusia bersifat dinamis, berdasarkan keinginan.

“Yang kami pikirkan hanyalah bagaimana kami bisa meng-cover keinginan tersebut sebagai substitusi ketika yang konsumen cari habis atau tidak ada, bisa beralih ke produk dan usaha kami. Tentunya dengan cara elegan dan bersahaja serta mengutamakan persaingan yang sehat,” ucap Yogi dengan lugas.

Rahmat HM

Info Usaha Keagenan

Related Posts

2 Comments


  1. bagus, 5 years ago Reply

    ini agen terletak dimna?


    • yogi, 5 years ago Reply

      Mahioka dari Jogja mas, kalo tertarik kontak ke redaksi BO saja atau hubungi nomor 0274 8585357


Leave a Reply

Connect

Photo Gallery