Roti John Bali Fresh – Siap Menjadi Fenomena Baru Bisnis Kuliner

Posted by at 1:56 pm 0 Comment Print

Penetrasi bisnis Roti John mulai menunjukan gafik yang meningkat. Roti yang berasal dari Singapura ini agaknya akan menjadi fenomena baru di dunia kuliner Indonesia layaknya kebab. Seperti apa?

Jenis roti ini di Indonesia memang belum terkenal layaknya kebab. Namun belakangan ini roti yang di Negara asalnya yakni Singapura dikenal dengan sebutan roti john, sedang menjadi buah bibir pecinta kuliner nusantara.

Di bawah naungan CV. Bali Fresh, Roti John hadir di Indonesia sebagai pionir dan menjadi satu-satunya merek yang menjual roti jenis ini. Namun, Roti John hadir  dengan inovasi yang menyesuaikan lidah masyarakat Indonesia secara umum. Menurut Hafizh Suradiharja, CEO Roti John Bali Fresh, di Negara asalnya roti john lebih keras jika dibandingkan olahan di Indonesia. “Sebab, masyarakat kita lebih menyukai roti yang empuk,” ujar Hafizh beralasan.

Menurut Hafizh, bisnisnya siap menjajal peruntungan di dunia kuliner nusantara sebagai peluang bisnis makanan dengan konsep baru antara lain produk unik dan belum ada kompetitor (pioneer), menu yang bervariasi, mudah dalam pengolahannya, potensial disukai pasar dan bertahan lama, serta harga terjangkau.

Roti John, sambung Hafizh, juga disajikan dalam keadaan fresh yang dibuat berdasarkan pesanan. Hal ini menurut Hafidz memang sengaja dikonsepkan demikian untuk menjaga produk dalam keadaan fresh ketika dipesan dan juga baik untuk kesehatan.

Tidak hanya fresh, rasanya yang unik divariasikan dengan bumbu-bumbu special serta olahan daging pilihan dan Roti John Bali Fresh menawarkan berbagai varian menu yang dijamin akan menggugah selera konsumennya. Beberapa menunya antara lain; John BBQ Sauce, John Black Burger, John Black Long, John Black Pepper, John Chicken Mayo, John Honey Lemon Sauce, John Spicy Mayo, John Thousand Island, Macroni Panggang Sapi, Macroni Panggang Ayam, Macroni Tuna Pedas.

Buka Peluang Kemitraan

Sejak dibuka peluang kemitraan pada tahun 2011 lalu, tercatat sudah 15 buah outlet berbentuk booth yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Penetrasi bisnis yang cukup cepat tersebut agaknya akan menjadi sebuah fenomena baru di dunia kuliner Indonesia. Hafidz memprediksi kepopulerannya setidaknya akan seperti fenomena yang pernah terjadi sebelumnya di bisnis kebab.

Produk Roti John memang hal yang baru di Negara ini, namun inovasi yang diciptakan oleh Roti John Bali Fresh cukup berhasil dengan 15 outlet booth padahal baru satu tahun dimitrakan. Hal inilah yang memuat Hafizh cukup optimis bisnisnya akan melaju kencang dipasaran. Makanya, Hafizh mentargetkan dapat menambah mitra hingga 100 booth sampai akhir tahun ini.

Peluang kerjasama yang ditawarkan ada dua jenis yakni mitra individu dan master area. Untuk nilai investasinya sendiri sekitar Rp 9,5 jutaan. Namun untuk master area, ungkap Hafizh, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti minimal terdapat 5 outlet roti john yang dimiliki oleh mitra lain di wilayahnya, memiliki minimal 3 outlet roti john yang dikelola sendiri.

“Keuntungan menjadi master area, adalah kewenangan untuk menangani dan mengelola distribusi bahan baku ke outlet-outlet dalam suatu wilayah. Dari situ, master area bisa mendapat margin kurang lebih 10% dari supply bahan baku ke tiap outlet di wilayahnya (biaya pengiriman ditanggung oleh pihak master franchise) dan mendapat komisi berupa 10 % dari harga investasi atas hasil usahanya untuk tiap pembukaan outlet baru di wilayahnya,” papar Hafizh.

Untuk menunjang penetrasi bisnisnya serta bersiap menjadi fenomena baru, Hafizh telah mempersiapkan berbagai hal, mulai dari suasana kerja yang dinamis, kondusif, dan perekrutan SDM yang rata-rata masih berusia muda sebagai simbol semangat serta jiwa muda ang kreatif dan dinamis.

Hafizh mengungkapkan, dengan perekrutan SDM jiwa muda itu seringkali ide-ide kreatif muncul untuk mengiringi perkembangan Roti John karena aplikasi ide-ide tersebut merupakan hasil pemikiran yang telah dikomunikasikan dan dikoordinasikan antar bagian kerja di dalam Roti John.

“Kami bercita-cita menjadi icon produk makanan cepat saji yang praktis, sehat, bergizi plus sebagai icon semangat anak muda masa kini. Kami juga berkeinginan membuat Roti John menjadi sebuah trend yang membawa icon anak muda indonesia yang dinamis dan inovatif,” pungkas Hafizh.

 

Syaiful Anwar

Info Usaha Peluang Bisnis Daerah

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery