HP Photosmart ML 2000D Minilab – Terobosan Baru Untuk Bisnis Ritel Foto

Posted by at 1:45 pm 2 Comments Print

Mesin cetak foto terobosan baru dari HP. Inovasi yang paling ditunggu untuk para pebisnis peritel foto dan print service provider di Indonesia. Apa saja keunggulan produk ini?

Belakangan ini bisnis penerbitan retail kalangan peritel foto seakan mengalami penurunan. Seperti yang diakui Arif Hadikusuma, General Manager Jonas Photo. Arif mengatakan hampir di semua tempat bisnis peritel foto makin kurang diminati oleh konsumen.

“Penurunan ini mungkin disebabkan adanya kejenuhan masyarakat untuk mencetak foto. Konsumen sekarang lebih suka menyimpan fotonya dalam bentuk digital, baik itu di CD, USB, maupun laptop mereka. Jadi dunia bisnis perfotoan harus melakukan inovasi baru supaya masyarakat tertarik lagi untuk datang ke sini,” kata Arif saat Pers Gathering HP Retail Publishing Solution di Jonas Photo Bandung (2/4).

Kondisi anjloknya bisnis peritel foto inilah yang akhirnya menjadi alasan HP (Hewlett Packard) untuk menciptakan sebuah terobosan baru.  Untuk pertama kalinya, tahun ini, HP meluncurkan produk mesin cetak revolusioner HP Photosmart ML2000D Minilab. Inovasi baru dari HP ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk kembali menggairahkan industri bisnis perfotoan yang disinyalir akan terus mengalami penurunan.

Rohit de Souza, Vice President Retail Publishing Solution HP, optimis produk baru HP ini akan menjadi solusi terdepan yang akan membantu para peritel foto agar bisa kembali berkembang. “Bisnis peritel foto akan terus mengalami penurunan jika bisnisnya masih konvensional. Untuk itu produk ini hadir untuk meningkatkan teknologi peritel foto. Kami sangat optimis ke depan peritel foto yang menggunakan produk ini akan kembali bangkit dan mampu menarik konsumen mereka lagi,” katanya.

Kelebihan dari HP Photosmart ML2000D Minilab ini adalah memiliki sistem minilab kering tercepat untuk ritel. Mesin cetak digital yang memang diperuntukan bagi peritel foto dan print service provider (PSP) ini mampu menyelesaikan produksi cetak hanya dalam waktu kurang dari sejam. Produk ini juga menjadi produk pertama di industri bisnis cetak foto dengan kemampuan cetak photo book duplex dengan hasil cetak tahan air, warna antipudar hingga lebih dari 200 tahun.

HP Photosmart ML2000D Minilab didesain dengan perangkat yang bisa memberikan aneka pilihan foto dengan 20 ukuran mulai dari 3,5 x 5 hingga 12 x 8. Permukaan foto juga bisa dipilih mulai dari yang mengkilap atau matt. Dari segi kecepatan mampu menghasilkan kecepatan produksi hingga 1500 foto per jam dengan ukuran 4 x6. Selain itu juga mampu menghasilkan 4 foto dua sisi tanpa tepi ukuran 6 x6 hingga 12 x 12.

Pelanggan Puas, Omset Melesat

Sebagai permulaan untuk mengenalkan produk inovatif ini, HP telah menggandeng enam peritel dan PSP foto  terkemuka di Indonesia. Keenam peritel tersebut ialah Jonas Photo (Bandung), Diamond Digital (Bali), Cathay Photo (Surabaya), MDC (Malang), Klize (Yogyakarta), dan Cendana (Semarang). Dalam waktu dekat HP juga akan menawarkan produk ini ke beberapa peritel lainnya di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Untuk memiliki perangkat ini minimal peritel harus mengeluarkan biaya investasi sebesar Rp 90 juta. Harga investasi ini tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan peritel tersebut.

Apa yang dikatakan Rohit bahwa produk ini akan menjadi solusi bagi peritel foto ternyata bukan sekedar buaian belaka. Enam peritel foto yang telah menggunakan produk ini mengakui adanya peningkatan omset setelah menggunakan produk tersebut. Misalnya saja Jonas Photo di Bandung, Arif mengatakan, setelah menggunakan HP Photosmart ML2000D Minilab, selama tiga bulan terakhir omsetnya naik hingga 20%.

Yang membuat menarik bagi pelanggan adalah kebebasan dalam berkreasi saat menggunakan mesin cetak ini. Pelanggan yang ingin mencetak foto bisa membawa foto, baik dari kamera, ponsel, ataupun USB. Pelanggan bisa menggunakan mesin cetak ini sendiri setelah ia memindahkan foto-fotonya ke mesin tersebut baik transfer langsung dari USB maupun melalui bluetooth dari ponsel. Foto-foto yang ingin dicetak bisa didesain dengan kreasi sendiri dengan memilih berbagai template, pencahayaan, frame, posisi foto, penambahan teks, dan lain-lain.

Berbagai fasilitas aplikasi yang tersedia ini akan tampak di monitor touch screen. Sehingga pengguna bisa menggunakannya dengan mengklik dan menggeser sesuka hati berbagai bentuk desain fotonya. Tentu saja dengan cara seperti ini akan membuat pelanggan puas dengan hasil cetak foto karyanya sendiri.

Rahmat HM

Business Support

Related Posts

2 Comments


  1. benny, 1 year ago Reply

    harga brapa ya HP Photosmart ML2000D Minilab

    mohon info ke
    081 901 903 999


  2. Zakaria, 1 year ago Reply

    Brpa harga dan dmana bsa dpat hp photosmart ml 2000d


Leave a Reply

Connect

Photo Gallery