Mimosabi – Bisnis Kreatif yang Prospektif

Posted by at 1:25 pm 0 Comment Print

Produk buatan Mimosabi sudah menyeberang ke negeri jiran. Terbuka kesempatan jadi distributor dan reseller. Marginnya mencapai 40%.

Bisnis kreatif asal Ibu Kota Jawa Barat ini, salah satunya adalah Mimosabi. Sebuah bisnis usaha sepatu berkonsep produk handmade asal Cimahi, Bandung, yang didirikan duet suami-istri, Penni Ahlani Ardian dan Lulu Sayyidatu. Berdiri pada tahun 2008, Mimosabi mengusung produk yang sangat unik. Sepatu produksinya didesain etnik, natural, hingga abstrak dengan kombinasi permainan warna cerah dan ceria.

Karya anak bangsa ini memang berbeda dengan produk handmade lainnya. Berbahan dasar kanvas pilihan, produk kemudian diaplikasikan dengan kain perca yang zigzag, kancing, kayu, serta mute yang dibentuk menjadi motif-motif unik dan menarik mulai dari dedaunan, bunga, batik dan lain-lain. Hasilnya, produknya menghasilkan karya yang artistik dengan aroma seni tingkat tinggi.

Tidak hanya kreatif dalam produknya, keunikan lainnya adalah karya anak bangsa ini diciptakan dalam waktu yang relatif cepat. Menurut Penni, dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat ahli di bidangnya, maka dalam waktu produksi yang kurang dari satu minggu sudah mampu menciptakan sepatu-sepatu cantik dan menarik. Waktu produksi ini, ungkap Penni, waktu yang terbilang cepat untuk ukuran sebuah produk handmade.

“Mimosabi Handmadeshoes sengaja menghadirkan produk-produk sepatu kanvas casual untuk wanita agar mereka bisa melangkah ringan ceria, melompat bahagia, berlari bebas. Kami memang berkomitmen untuk terus berkarya bagi para wanita-wanita ceria dimanapun mereka berada,” ujar Penni.

Penni menuturkan, sejak awal Mimosabi berdiri sudah terfokus untuk melakukan eksplorasi sepatu kanvas untuk wanita. Alasannya, ungkap Penni, karena wanita sudah banyak disuguhi produk-produk untuk membuat mereka cantik, anggun, elegan dan sensual. “Untuk itulah kami mencoba meyuguhkan sesuatu yang lain buat wanita,” ujar Penni.

Tak ayal, keunikan serta kualitas yang ditawarkan Mimosabi tidak hanya menjadi buruan konsumen local. Produk buatan Mimosabi saat ini sudah menjadi konsumsi konsumen internasional seperti Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Selain itu, Mimosabi jua telah mengundang puluhan mitra tergabung dalam lingkaran keluarga besarnya. Tercatat sudah 45 disributor eksklusif yang berada di kota-kota besar di Indonesia, belum lagi ratusan reseller yang berada di bawah distributor tersebut.

Untuk menjadi distributor yang memiliki hak eksklusif menguasai satu kota, calon mitra dibebankan biaya investasi yang relatif murah yakni hanya Rp 18,5 juta. Angka tersebut sudah termasuk blocking area, 100 pasang sepatu, katalog, banner dan lain-lain. Keuntungan yang bisa diperoleh dalam setiap pieces sepatunya cukup besar, 40% dari harga. Untuk reseller keuntungannya 20% per pieces. Sedangkan harga produknya bervariasi mulai dari Rp 139 sampai dengan Rp 215 ribu.

“Jadi, rata-rata dalam sebulan mitra bisa mendapatkan omset mulai dari Rp 7,5 juta. Namun, kami mewajibkan mereka unuk belanja produk kami sebanyak 50 pasang setiap bulannya,” kata Penni.

Menarik, bukan? Anda bisa langsung mengunjungi workshop sepatu kanvas dengan aplikasi handmade pertama dan terbesar di Indonesia ini yang berada di Komplek Padasuka Indah blok B. no. 41 Kota Cimahi. “Mari kita buat bangsa ini menjadi bangsa yang bisa dibanggakan,” pungkas Penni berpromosi.

Syaiful Anwar 

Fashion Keagenan

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery