Melby Sakina Baradja (Owner Aussy Burger) – Resep Melby Membesarkan Aussy Burger

Posted by at 11:56 am 0 Comment Print

Usianya belum genap 23 tahun, namun Melby Sakina Baradja sudah mampu menahkodai 3 outlet milik sendiri dan menjadi franchisor dari 24 outlet franchiseenya. Rahasianya?

Usia muda bukan lagi menjadi ukuran torehan kesuksesan seseorang. Banyak individu muda yang berhasil meraih impiannya kemudian mencapai puncak karir di usia yang terbilang belia, salah satunya Melby Sakina Baradja, owner Aussy Burger.

Usianya baru akan menginjak 23 tahun di September 2012, namun gadis berparas ayu ini sudah membuktikan jika usia bukanlah patokan untuk sebuah pencapaian karir serta kesuksesan. Tengok saja, tiga cabang milik sendiri dan 24 franchisee menjadi bukti shahih sepak terjang karirnya saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kelahiran 16 September 1989 ini memulai bisnis dengan modal Rp 10 juta dan dengan ukuran luas oulet 2×2 m2 di bilangan Bintaro Jakarta Selatan, yang tak jauh dari kediamannya dipertengahan tahun 2004 silam. Luar biasanya, meskipun saat itu dibantu sang kakak, ia masih berstatus sebagai siswi SMA.

Berselang enam tahun kemudian, tepat di tahun 2010 Melby membuka kran kerjasama kemitraan. Saat itu, Melby telah menamatkan pendidikan strata satunya di salah satu perguruan tinggi di bilangan Palmerah, Jakarta Barat. Sejak membuka kerjasama kemitraan, perkembangan bisnisnya mulai menampakkan hasil yang cukup cepat. Setidaknya, ada 27 gerai Aussy Buger yang berada di bawah komandonya. Tak ayal, sejak duduk di bangku sekolah hingga ke jenjang kuliah, Melby mandiri dalam segala hal termasuk urusan biaya.

“Bukannya tidak tertarik bekerja di sebuah perusahaan besar dangan peningkatan jenjang karir. Hal tersebut tentu saja pernah terpikirkan saat masih duduk di bangku kuliah dulu. Namun, sepertinya saya tidak  akan bisa “akrab” dengan peraturan yang membatasi saya. Sebab, saya seorang  yang aktif dan terus berkembang. Artinya, saya tidak akan cocok bekerja pada oranglain. Selain itu, motivasi lainnya adalah dengan menjadi pebisnis saya bisa membuka lapangan pekerjaan serta menambah jumlah pengusaha,” jelas Melby.

Melby mengungkapkan, jika hal yang pertama dilakukannya sebelum mendirikan bisnis adalah mengumpulkan keberanian. Memang diakui Melby, latarbelakang keluarganya yang mayoritas merupakan pebisnis sangat membantunya dalam meraih kepercayaan diri. “Keberanian hal yang utama. Setelah itu yang tidak kalah penting adalah  perencanaan yang matang kemudian pematangannya,” papar Melby.

Kisah Melby membesut Aussy Burger bukan tanpa tantangan dan cibiran. Bahkan, ungkap Melby, sampai saat ini masih ada yang menganggap sebelah mata kemampuannya membidani bisnis di usia yang masih muda ini. Namun Melby melihatnya sebagai hal yang wajar.

“Seringkali mereka tidak menyangka jika pemilik Aussy Burger itu saya, dan beberapa diantara mereka menganggap sebelah mata. Saya hanya tersenyum. Satu hal yang berhasil saya buktikan, bisnis ini mampu bertahan sejak 2004 sampai dengan sekarang dan terus berkembang. Saya rasa itu sudah cukup menjadi jawabannya,” tegas Melby.

 

Syaiful Anwar

Entrepreneur

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery