Crunchy’s Fried Chicken & Bento – Andalkan Kepuasan Mitra dan Inovasi Produk

Posted by at 2:36 pm 0 Comment Print

Crunchy’s menempatkan kepuasan mitra dan end customer lebih dari segalanya. Bagaimana peluang bisnisnya?

Bagi Anda yang ingin jadi pengusaha, bisnis kemitraan ayam goreng Crunchy’s Fried Chicken & Bento ini layak dimiliki. Alasannya, menurut Maria Nangoi, Owner dan Pengelola Crunchy’s Chicken & Bento karena harga investasi dan harga jual bahan baku akan naik per April 2012. “Karena itu, cepat daftar menjadi mitra sebelum terlambat atau sebelum naik harga,” katanya berpromosi.

Angka investasi Crunchy’s Fried Chicken & Bento pun sangat terjangkau. “Ada dua paket yang berbeda, paket pertama seharga Rp 8 juta dan paket kedua senilai Rp 12 juta, dan harga ini masih harga setahun yang lalu” katanya. Kedua paket tersebut sengaja dibedakan, untuk memberikan alternatif bagi calon investor yang ingin menjadi mitra Crunchy’s Fried Chicken & Bento. Terkait dengan pengembangan outlet atau mitra, sejujurnya Maria Nangoi mengakui, dirinya tidak memasang target yang muluk terkait penambahan jumlah outlet. “Kami tidak terlalu jemput bola dan hanya mengandalkan promosi via website dan tabloid BO saja,” katanya.

Crunchy’s Fried Chicken & Bento selalu mengedepankan inovasi, terutama pengembangan menu baru yang terus dilakukan sang Owner. Sebut saja bento, burger, spaghetti dan kentang. “Inovasi tersebut kami lakukan agar konsumen tidak bosan dan selalu ingin kembali ke Crunchy’s Fried Chicken & Bento. Karena, kata Maria, bisnis makanan erat kaitannya dengan trend. Saat ini, trend makanan Italia atau fast food sedang ‘in’ dengan life style masyarakat Indonesia.

Inovasi tersebut juga dilakukan Maria untuk meningkatkan pendapatan mitra. “Mereka yang sudah jadi mitra kita bisa membeli dengan harga mitra, dan paling hanya menambah peralatan dan training,” katanya. Khusus untuk peralatan, mitra bisa mencari sendiri namun tetap sesuai dengan rekomendasi Maria. Untuk training, imbuhnya, sifatnya free atau gratis untuk para mitranya.

Saat ini, mitra dan master area Crunchy’s Fried Chicken & Bento sudah ada 80 mitra dan master area. 80 mitra tersebut, 50 diantaranya berasal dari area Jabodetabek dan sekitarnya dan 30 lainnya berada di area luar Jabodetabek, yaitu Bandung, Jogja, Klaten, Kudus, Probolinggo, Semarang, Sidoarjo, dan luar pulau Jawa yaitu Bali, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Ternate.

Untuk diketahui, bahwa beberapa foto yang ditampilkan adalah representasi dari Mitra dan Master Area yang ada, khususnya tipe mini resto. Kesempatan terbuka lebar bagi yang ingin menjalankan bisnis Crunchy’s Fried Chicken dengan tipe mini resto ini.

Salah satu titik kesuksesan Crunchy’s Fried Chicken & Bento adalah menempatkan kepuasan mitra lebih dari segalanya. Tanggap terhadap persoalan dan keluhan mitra, tambah Maria, merupakan bentuk dari service atau pelayanan yang ia lakukan terhadap mitra. Jika terjadi masalah di lapangan, ia selalu aktif berkomunikasi dengan mitra. “Tak jarang mereka telepon mengadukan masalah, namun saya tidak sempat angkat teleponnya, saya minta dia sms dan nanti saya pasti telepon kembali mereka,” katanya. Setiap sms yang masuk, Maria memastikan akan dibalas dan direspon dengan baik demi kepuasan mitra.

Selain itu, fleksibelitas dalam memberikan arahan merupakan strategi membuat mitra loyal. Nah, dalam mensiasati kompetisi yang ketat, ia punya sendiri. “Jika ada kompetisi, itu merupakan challenge bagi saya untuk memperbaiki kualitas produk dan layanan. Biasanya saya mensurvei produk kompetitor dan memperbaiki pelayanan,” katanya.

Sebab, katanya, jika mitra-mita itu puas, mereka akan mempromosikan Crunchy’s Fried Chicken & Bento kepada teman-temannya atau pada sesama mitra dari brand kompetitor. “Inilah dahsyatnya strategi word of mouth (WOM) yang kami lakukan,” katanya. Nah, anda ingin mencoba pelayanan dari business owner dan tim Crunchy’s Fried Chicken & Bento? Cepat daftar menjadi mitra sebelum naik harga pada April 2012.

 

Testomonial Master Area Bekasi Kota (Laksamana)

 

“Sudah lama saya ingin berbisnis makanan, tapi belum manemukan produk yang tepat untuk dijual. Teman saya merekomendasikan Crunchy’s sebagai opsi usaha. Setelah mencicipi tester, rasanya pas di lidah dan saya berfikir ini akan diterima konsumen. Setelah MOU tercapai, gerai dijalankan oleh teman saya, karena bekerja di Batam.

 

Akhirnya, saya memutuskan untuk tidak lanjut kerja di Batam dan kuliah S2 di SBM ITB serta menjalankan gerai Crunchy’s sebagai startup bisnis saya dan tempat penerapan ilmu di kuliah yaitu start small, think big, dan quick win. Itu sebabnya saya ingin lebih mengeksplorasi dunia fried chicken dengan menambah gerai baru. Keinginan itu disambut baik oleh Bu Maria (Owner Crunchy’s), bahkan menawarkan sebagai master area di Bekasi Kota. Dengan menjadi master area, memantapkan langkah menjadi sustainable advantage di masa datang, dan meningkatkan ekstensi Crunchy’s di market area Bekasi.

 

Info Kemitraan :

Crunchy’s Fried Chicken & Bento

087876561969 – Ibu Maria

02137641608 – Bpk. Annes Barno

085780531687 – Sdr. Rio

08979559279 – Sdr. Harris

Info Usaha Peluang Bisnis Daerah

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery