Mengintip Peluang Bisnis dari Dunia Kepenulisan

Posted by at 10:13 am 0 Comment Print

Berbagai peluang usaha dari dunia kepenulisan terbuka lebar. Apa saja peluangnya? Benarkah bisa kaya dari sana?

Benarkah bisa kaya menjadi seorang penulis? Pertanyaan itu bisa terbukti secara nyata. Banyak penulis yang berhasil meraup profit besar dari dunia kepenulisan. Bagi Anda penggemar Harry Poter tentu mengenal JK. Rowling, yang menciptakan tokoh imajiner Harry Poter melalui novel berserinya berjudul Harry Potter. JK. Rowling dahulunya merupakan orang yang melarat. Tapi kini ia bisa menengguk jutaan dollar dari novel Harry Potter ciptaannya.

Helvy Tiana Rosa, penulis dan pendiri Forum Lingkar Pena, juga mengakui kalau penulis juga bisa meraup kekayaan dari profesinya. Helvy mencontohkan adiknya, Asma Nadia, yang sudah menulis lebih dari 30 judul buku minimal menerima royalti lebih dari 30 juta tiap tiga bulan. Ada juga Habiburrahman El-Shirazy (HES) yang menulis novel berjudul Ayat-ayat Cinta. Melalui novelnya tersebut, HES telah menerima Rp 1,5 miliar untuk ratusan ribu buku yang terjual kurang dari empat tahun.

Sekolah Menulis: Peluang Lain dari Dunia Kepenulisan

Bicara tentang peluang usaha di dunia kepenulisan, ternyata tidak hanya berhenti pada profesi penulis. Jika menilik lebih dalam, kita bisa melihat peluang usaha lainnya yang juga bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit dari dunia kepenulisan ini. Sebut saja, Rulli Nasrullah, seorang penulis yang telah menulis buku hingga 200 lebih judul buku.

Di dalam bukunya yang berjudul A Guide For Writerpreneurship, penulis yang akrab disapa Kang Arul ini membahas berbagai peluang usaha yang ada di dalam dunia kepenulisan. “Kebanyakan orang hanya tahu penulis itu kerjanya nulis naskah terus mengirimkan ke penerbit. Tapi sebenarnya banyak peluang usaha lain yang bisa dilakukan selain kegiatan itu,” jelas kandidat doktor Kajian Media dan Budaya dari UGM ini.

Menulisyuk Komunikata merupakan bentuk usaha yang dirintis sejak 2007. Melalui bendera bisnis ini, Kang Arul mendirikan sekolah menulis, literary agency, sekaligus menyediakan jasa konsultan kehumasan. Sebagai media promosi bisnis, ia merambah dunia internet melalui situs www.menulisyuk.com.

Pria kelahiran Bandung yang sering menggunakan nama pena Kang Arul ini bisa dikatakan sebagai salah satu pionir industri kepenulisan dalam bidang content provider, seperti penyedia naskah buku bagi penerbitan, penyedia jasa konten situs bagi perusahaan atau institusi, jasa penulis pendamping (ghost writer), copywriter, dan sebagainya. Tidak hanya itu, melalui bendera Menulisyuk Komunikata ia juga memadukan bisnisnya dengan pelatihan kepenulisan bagi anak-anak, remaja, hingga guru dan dosen.

Dari pelatihan dunia maya ini, Kang Arul juga kerap mendapat panggilan untuk memberikan pelatihan menulis di berbagai wilayah. “Selain memberikan private pelatihan menulis baik tatap muka maupun secara online, saya dan tim sering memberikan pelatihan menulis di berbagai instansi atau perusahaan,” kata Kang Arul, soal tarif beragam. Ada yang sekali mengisi acara pelatihan dapat Rp 500 ribu ada juga yang sampai Rp 8 juta untuk satu sesi. Tergantung target pelatihan, peserta, dan fasilitasnya.”

Selain membuat sekolah menulis, Kang Arul juga mencontohkan peluang lainnya yang bisa dilakukan di dunia kepenulisan. Misalnya menjadi literacy agency, pengisi web-conten, ghost writer, writer advertising, penulisan profil atau biografi tokoh, dan lain-lain.

Rahmat HM

Ide Usaha

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery