Midas Tour – Franchise Travel Tanpa Sistem Deposit

Posted by at 12:09 pm 0 Comment Print

Midas memiliki motivasi tidak menerapkan sistem deposit di dalam franchise-nya melainkan hanya menyewakan. Simak kelebihan lainnya bermitra dengan Midas!

Midas Tour merupakan usaha di bidang tour & travel di bawah naungan PT Midas Nusantara yang memilih menggunakan sistem franchise sebagai untuk meluaskan jaringan bisnisnya. Roberto Marpaung, Owner PT Midas Nusantara, mengcover perusahaan ini sejak tahun 2004 dari pemilik lamanya Johanes Untoro. Roberto yang juga merupakan pendiri PT Robertur Kencana, mengelola PT Midas Nusantara dengan sistem franchise (waralaba) tanpa menerapkan sistem deposit.

“Kami menggunakan sistem waralaba yang sifatnya untuk memperluas dan meningkatkan pasar serta penjualan. PT Midas ini menjamin para mitra bisa berjualan dalam waktu dua minggu secara mudah dan terjangkau dengan menggunakan sistem franchise. Mengenai support dan prospek bisnis, kami sudah sangat berpengalaman di bidang ini. Jadi tidak perlu ragu untuk ikut bergabung dengan kami,” tutur Roberto.

Mengenai pengalaman di bidang tour & travel, PT Midas memang sudah cukup matang untuk bisa berkembang lebih besar. Pasalnya, Roberto sendiri, Sang Owner PT Midas, sudah menggeluti industri ini sejak tahun 70-an. Pengalamannya selama puluhan tahun ini sudah sangat cukup sebagai bekal dirinya untuk mengelola sebuah usaha travel dengan sistem franchise. Kenapa ia memilih franchise? Karena Roberto sangat yakin bahwa sistem franchise ini yang paling efektif untuk mengembangkan Midas Tour.

Dengan sistem franchise, kata Roberto, usaha akan berjalan jauh lebih mudah dan lebih cepat. Akan tetapi mitra harus membayar royalty kepada franchisor yang sudah profesional dan bila sudah berdiri sendiri, untuk kontraknya sudah tidak perlu diperpanjang lagi. “Midas Tour tidak sedang membangun usaha investasi melainkan hanya ingin memasyarakatkan travel ini seluas mungkin,” kata Roberto.

Oleh karena itulah, masih tambahan dari Roberto, Midas Tour tidak menggunakan sistem deposit antara pusat dan cabang. Kenapa? Karena saat ini sistem maskapai penerbangan pun sudah mengikuti teknologi E-ticket, jadi tidak perlu lagi menggunakan deposit. Penawarn peluang usaha Midas Tour disini bersifat learning by doing. Artinya franchisee akan dibimbing untuk menggeluti usaha di bidang travel secara komprehensif.

“Majunya sebuah usaha travel kan tidak hany dari penjualan tiket saja tapi juga bisa membangun tour package & voucher hotel, in bound, out bound, travel document, visa, passport, maupun travel insurance. Jadi kita ingin membangun bisnis travel secara menyeluruh dengan menggarap semua hal yang terkait dengan tour & travel,” jelas Roberto.

Pengalaman yang matang serta jaringan yang luas yang dimiliki Roberto menjaid faktor yang menyebabkan partner bisnisnya menanam kepercayaan kepada Midas Tour. Berdasarkan informasi yang digali dari website Midas Tour, hingga tahun 2010 sudah tercatat ada sekitar 80 lebih franchisee dan cabang yang bergabung dengan Midas Tour. Franchisee dan cabangnya kebanyakan tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Lampung, Makasar, Sidoarjo, Bali, dan Karawang. Roberto mengatakan secara umum mitra-mitra bisnisnya bisa berkembang dan berjalan dengan lancer.

Midas Tour menawarkan 5 paket franchise yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan modal yang dimiliki. Paket A dengan royalty fee sebesar Rp 35 juta untuk wilayah Jabodetabek dan Rp 40 juta untuk mitra di luar Jabodetabek. Paket B dengan biaya sebesar Rp 55 juta. Biaya tersebut sudah termasuk training pegawa, pembayaran royalty selama masa kontran kecuali ada kesepakatan untuk iklan/promosi. Franchisee juga akan dibantu dalam hal pengurusan surat ijin dan pendaftaran notaris.

Kemudian, Midas Tour juga menawarkan franchise Paket C dengan total biaya sebesar Rp 120 juta. Biaya ini untuk kontrak kerja dan membeli keperluan usaha seperti computer, SDM dan barang cetak, serta Deposit dan stock tiket. Paket D dengan total biaya sebesar Rp 170 juta untuk biaya kontrak dan keperluan usaha. Sedangkan franchise Paket E biayanya antara 10 – 30 juta tergantung berapa lama kontrak yang akan diambil.

Rahmat HM

 

 

Tour and Travel

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery