TX Express – Inovasi Sang Pelopor Waralaba Travel

Posted by at 12:03 pm 0 Comment Print

Berkat ketangguhan dan keulatannya membesut bisnis waralaba travel, kini TX Travel sudah ada di 161 titik di Indonesia. Nah, bagaimana peluang bisnisnya?

Perkembangan bisnis tour & travel sanga pesat, hal tersebut ditandai dengan maraknya pertumbuhan maskapai penerbangan, yang diikuti oleh pertumbuhan bisnis pariwisata dengan tingkat pertumbuhan hotel dan destinasi wisata yang terus berkembang, membuat bisnis tour & travel terlihat semakin seksi. Nah, kejelian dan kejeniusan Anton Thedy melihat peluang dan tren perkembangannya, patut diacungi jempol. Ia membesut TX Travel pada tahun 1991 dan dikenal sebagai grosir travel pertama di Indonesia, TX Travel baru diwaralabakan tahun 1994. “Semua naik pesat tentu-nya TX Travel juga berkembang bagus sekali,” kata Anton Thedy, Owner TX Travel.

 

Anton Thedy memprediksi kenaikan bisnis tour & travel mencapai 15% per tahun. Karena itu, selain mengembangkan TX Travel dengan sistem waralaba dan investasi yang cukup mahal, ia pun melakukan inovasi dengan meluncurkan paket investasi yang murah, dan terjangkau. “Sistem-nya tetap sama dengan waralaba, tapi dengan biaya yang lebih hemat, yaitu TX EXPRESS yang investasinya hanya Rp 50 juta, dan franchise fee dan royalty-nya fix Rp 1juta per bulan,” katanya.

Kelebihan produk ini, menurut Anton Thedy, hanya terletak pada luas wilayah yang berbeda dengan paket investasi TX Travel yang lebih mahal. “Tidak ada perbedaan dari soal produk, yang dijual cuma luas wilayah-nya yang berbeda saja, TX Travel dengan memakai luas wilayah per satu pasar atau wilayah, dan TX Express luas wilayah-nya hanya radius 1 km, kalau TX Travel masa kontraknya mencapai 5 tahun, maka TX Express kontrak-nya 1 tahun saja, kedua nya bisa diperpanjang tanpa bayar franshise fee-nya lagi,” imbuh Anton.

Dengan investasi sebesar Rp 50 juta, dan franchise fee dan royalty fee fix Rp 1 juta per bulan, maka franchisee TX Express akan menuai BEP (break Even Point) rata-rata di bawah 6 bulan. “Dan  per akhir Februari ini, kami sudah membuka 161 outlet dan berada di lebih dari 50 kota di seluruh Indonesia,” katanya bangga. 
Hebatnya lagi, semua outlet tersebut bisa dipantau secara online dan tersambung langsung ke pusat. “Ini bagian dari kesungguhan kami membangun sistem bisnis yang terintegrasi dengan teknologi dan bagian dari meningkatkan daya saing,” katanya. 
 
Kuncinya untuk bisa bertahan dan memenangkan persaingan, Anton Thedy mengakui jika ia selalu berinovasi dan kreatif dalam menyasar market dan melayani customer dengan baik. “Tidak ada rahasia bisnisnya, cuma tetap harus berkreasi dan inovatif, misal nya menyatukan semua franchisee untuk paham dan mau bekerja sama satu dengan lainnya, sistim tehnologi yang terus dikembangkan dan produk di luar tiket pesawat yang terus dikembang seperti tur dalam dan luar negeri, kapal pesiar dan program Tur Bareng Artis (10 Feb dengan Mikha Tambayong, 13 Maret 2012 dengan Nadia Vega),” katanya. 
Selain itu, untuk bisa sukses di bisnis tour & travel, Anton mengingatkan, pelaku usaha tour & travel juga harus mampu menciptakan pelanggan yang loyal, dan harus dimulai dengan menciptakan franchisee yang paham dan punya passion di bisnis tour & travel ini. “Kami melakukannya dengan rutin mengadakan pertemua setiap bulan dengan seluruh franchisee di Jakarta dan di Surabaya, dari pertemuan inilah lahir franchisee-franchisee yang punya dedikasi dan mampu memberikan pelayanan yang maksimal, dan pada akhirnya memberikan kepuasan kepada pelanggan-nya sehingga mereka menjadi loyal menggunakan brand kami saat ingin pergi atau berlibur,” katanya. 
Support yang diberikan pada franchisee TX Express antara lain dari sisi pelatihan yang terus menerus, penambahan produk-produk unggulan yang kreatif dan tehnologi yang canggih. Saat ditanya apa obsesinya membangun dan membesarkan TX Travel dan TX Express, Anton Thedy menyatakan dirinya ingin berbagi talenta yang Tuhan berikan kepadanya, dengan mengajarkan bisnis tour and travel yang baik, jujur, inovatif dan unggulan! Nah, siapa lagi yang mau jadi franchisee TX Express? 
 
Mahmud  

 


 

Tour and Travel

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery