mCoin : Solusi Mudah Mengirim Uang

Posted by at 3:05 pm 2 Comments Print

Melalui mCoin, mengirim uang tak lagi repot. Hanya dengan ponsel, pengguna sudah bisa bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan pengiriman dan penerimaan uang.

 

mCoin didirikan pada Februari 2011 dengan memperhatikan perkembangan penggunaan ponsel yang telah mencakup 90% wilayah Indonesia. Sementara layanan transaksi keuangan melalui perbankan masih belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Nah, menjembatani dua gap itu, maka mCoin membranding dirinya sebaga jasa pelayanan pengiriman uang dengan menggunakan SMS dari pengguna ke pengguna lain melalui cabang dan unit layanan. Dengan menyediakan infrastruktur terpadu melalui jaringan telekomunikasi, mCoin menjadi fasilitator transaksi pengiriman uang yang aman dan terpercaya.

Jika Anda ingin mengirim uang di kampung, dimana tidak ada jaringan perbankan. Pasti merasa repot. Keluarga di rumah pun kadang menanti dalam kondisi ketidakpastian yang panjang. Itu dulu. Kini, ada solusi mudah, dan terpercaya untuk mengirim uang. PT Mobile Coin Asia (mCoin) merupakan perusahaan yang memfokuskan diri pada jasa pengiriman uang dalam negeri dalam jumlah kecil (mikro) dengan menggunakan ponsel.

Menurut Adian Adhitama Bachtiar, Vice President Commersial MCoin, bahwa potensi transaksi besar, namun mengirim uang via bank masih sangat popular. “Kami melihat potensi transaksi, terutama pengiriman uang domestik  sangat besar. Sudah mulai ada pesaing, namun positioningnya berbeda dengan mCoin. Kami fokus melayani pengiriman uang dalam negeri dengan jumlah kecil, maksimal jumlahnya adalah satu juta rupiah. Dan basisnya menggunakan ponsel. Karena pengguna ponsel di Indonesia sudah mencapai 150-180 juta,” katanya.

Kebiasaan mengirim uang lewat bank hanya dikenal oleh orang kota. Adian menilai, hal ini berbeda dengan orang desa yang biasanya menitipkan lewat teman pada saat pulang kampung. Sebab umumnya desa itu tidak memiliki rekening,” katanya. Apalagi banyak perantau yang tinggal dan bekerja di kota besar. Jadi, tidak seratus persen adalah warga asli. “Saya tahu, jumlah rekening di Indonesia itu sekitar 60 juta saja, ini termasuk individu kota yang memiliki rekening lebih dari satu,” katanya.

Dengan adanya mCoin, justru perbankan diuntungkan. Karena para unit layanan, baik pengirim maupun penerimanya harus memiliki rekening bank yang online dengan pusat data mCoin. “Karena itu, kami bukan sebagai pesaing bank, tetapi fasilitator,” katanya. mCoin akan mengembangkan jaringan yang disebut sebagai unit layanan (ulay) yang akan menjangkau ke desa-desa.  “Unit layanan ini berkonsep di lingkungan sekitar bisa jadi pemilik warung kelontong, atau pedagang kios pulsa, atau perorangan yang ingin jadi unit layanan mCoin, jadi cukup jalan saja,” katanya. Unit layanan ini, imbuhnya, semuanya terhubung.  Dan mCoin akan menyiapkan banyak unit layanan yang menjangkau seluruh desa. Nah, peluang itulah yang dibidik Coin sekarang.

Tawarkan Peluang Kemitraan Unit Layanan

mCoin membuka peluang kemitraan sebagai unit layanan, baik sebagai pengirim maupun penerima, dan ini terbuka bagi siapapun. “Tidak harus perangkat desa, atau tokoh masyarakat, siapa pun bisa asal jujur, dan sesuai dengan kriteria kita,” katanya. Yang spesifik tentunya melalui tahapan seleksi, diantaranya calon unit layanan harus terpercaya, sehat jasmani dan rohani,  punya kredibilitas yang baik di lingkungan sekitar. “Kami punya mekanisme baku untuk penilaian itu,” katanya

Adian menyatakan, pihaknya terbuka jika ada calon unit layanan yang melihat banyak potensi masyarakat perantau yang berada di lingkungannya. Karena, sebenarnya aset utama mCoin adalah informasi dari market atau dari unit layanan ini sebagai ujung tombak bisnis ini. “Jika ada unit layanan di Kebayoran Baru, kemudian dia minta tolong sama kita untuk mencarikan akses unit layanan di sebuah desa di Tegal, kami akan carikan,” katanya.

Agar pelayanannnya standar, maka setiap unit layanan mempunyai tanda resmi. ”Ada perlengkapan standar seperti foto copy Sertifikat izin dari Bank Indonesia sebagai bukti kalau bisnis ini legal, kuitansi, spanduk, brosur, dan lainnya,” katanya. Semua perlengkapan tersebut bisa digunakan sebagai  sarana untuk promosi.

Jika Anda berminat menjadi unit layanan mCoin, caranya cukup mudah. Tinggal datangi kantor cabang terdekat, melakukan registrasi dan memberikan safe deposit yang masuk ke rekening bank. Uang tersebut tidak akan hangus sampai kapan kapan pun. “Jadi hanya sebagai jaminan,” katanya. Selain itu, datang ke kantor cabang dengan membawa foto kopi KTP yang masih berlaku No. Ponsel yang masih aktif, dan Nomor rekening Bank. “Saat ini kami butuh sebanyak mungkin unit layanan di terutama di Pulau Jawa dulu,” katanya.

Adian menargetkan dalam 3 bulan ini ia sudah menentukan target coverage. Tentunya pengiriman uang ini kita bisa lihat destinasi kebanyakannya kemana sih. Menurutnya, mCoin satu tahun terakhir ini menyiapkan system yang terpercaya dan aman sekaligus menyiapkan legalitas yang diperlukan. “Sekarang fokusnya membangun jaringan. Kalau ditanya berapa, kita sampai ribuan. Saat ini kami akan focus dulu di beberapa titik seperti Tegal, Pekalongan, Brebes, Aji Barang, Bumiayu, Purwokerto, Cilacap, sampai ke Kebumen,” katanya. Hingga saat ini mCoin sudah memiliki 2 Kantor Cabang  Utama di Bekasi dan di Tegal dan terus mengembangkan kantor cabang pembantu di tingkat kecamatan.

Karena konsepnya adalah menjangkau masyatakat pedesaaan yang tidak familiar dengan bank, dan mayoritas perantau, tak heran jika mCoin fokus menyasar pasar ke sana. “Konsepnya lingkungan sekitar harus masuk ke masyakarat dengan memahami kultur mereka,” katanya.

Sampai akhir 2012 ini, mCoin menargetkan sistemnya bisa menampung jutaan transaksi. “Karena itu, unit layanan berapun bisa kita siapkan,” katanya. Untuk saat ini target Pengembangannya sampai 2012 akan sampai ke semua pulau Jawa. “Kami sedang survei untuk menjangkau komunitas-komunitas masyarakat di Cirebon, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, dan lainnya di sana,” katanya.

Transaksi di mCoin sangat rahasia dan aman. “Si pengirim uang bisa mengirim di unit layanan manapun dan penerima yang memiliki kode unit layanan dan pin pengambilan uang yang didapat dari sms yang masuk ke no hp yang kami terima dari sang pengirim, ia bisa mengambil di unit layanan manapun. Semuanya tersembunyi dalam sistem tapi semua tahu jumlah uangnya,” ujar Adian.

Demi kenyamanan unit layanan yang sudah ada di satu area, mCoin tidak akan membuka lagi unit layanan dalam satu tempat. “Kita tidak sepenuhnya ekslusif, tetapi tetap dibatasi. Kecuali jika unit layanan tersebut kewalahan dan ia sendiri yang merekomendasikan untuk membuak unit layanan di tempat lain. Sebab kita tidak menciptakan kompetisi antar mereka,” katanya. Nah, berminat jadi unit layanan mCoin?

 

CALL CENTER mCoin: 0807 111 9779 (tarif lokal)
SMS CENTER: 08787 111 9779.
email: info@mcoinasia.co.id

Pembiayaan

Related Posts

2 Comments


  1. sary, 5 years ago Reply

    Bagaimana cara menjadi agen dari mcoinnya pak?


    • Admin, 5 years ago Reply

      Untuk Info lebih lanjut tentang menjadi Unit Layanan mCoin silakan Hub: 0813 817 85556

      Redaksi Tabloid BO


Leave a Reply

Connect

Photo Gallery