Gus Riyono: Kontroling Itu Sangat Penting

Posted by at 2:59 am 3 Comments Print

Angkringan Ki Asem milik Sartono yang berdiri sejak 2007 ini ternyata memang terbukti memiliki prospek bisnis yang bagus. Dari 15 cabang yang telah berdiri, dan 13 diantaranya milik mitra, semua berjalan sesuai dengan prospek yang dijanjikan. Sartono menargetkan tiap cabang bisa meraup outlet minimal Rp 800 ribu per malam. Target tersebut tercapai, bahkan beberapa cabang milik mitra ada yang bisa melebihi target tersebut.

Misalnya saja, satu cabang mitra baru Agkringan Ki Asem milik Gus Riyono. Angkringan Ki Asem milik yang launching pada 17 September 2011 ini berlokasi di Jalan Kalisari, Cijantung, Jakarta Timur. Meski baru buka sekitar 2 bulan tapi Gus Riyono bisa meraup omset hingga Rp 1,4 juta tiap malam. Bahkan pada kalau malam minggu bisa sampai Rp 2 juta. Omset tersebut jauh melebihi target omset yang ditetapkan oleh Sartono sebagai mitra pusat Angkringan Ki Asem. Gus Riyono juga menambahkan jumlah karyawan yang tadinya hanya 2 orang kini menjadi 5 orang karena dirinya kewalahan melayani pelanggan.

Gus Riyono sebenarnya sudah tertarik untuk menjadi Mitra Angkringan Ki Asem sejak 2 tahun yang lalu. Tapi dirinya baru mendapat approve dengan mitra pusat tahun ini. Ini dikarenakan Gus Riyono masih mempersiapkan segala sesuatu, seperti tempat dan masih perlu melakukan beberapa survey. “Saya tertarik untuk menjadi mitra Angkringan Ki Asem karena saya memang hobi kuliner. Kemudian saya melihat Ki Asem ini juga unik dan punya banyak variasi menu dengan rasa yang khas,” kata Gus Riyono.

Backroundnya sebagai akunting di sebuah perusahaan besar, membuat Gus Riyono ingin meningkatkan segi kontroling pada Angkringan Ki Asem-nya. Kontroling, menurutnya, sangat penting dilakukan agar perputaran produk dan uang bisa dengan mudah direkonsiliasi. Meskipun Angkringan Ki Asem lebih mengutamakan trust, tapi bagi Gus Riyono trust juga harus dijaga dengan adanya kontroling yang kuat. Untuk itu Gus Riyono ingin pencatatan dan adanya bukti tanda terima dari setiap transaksi yang ada. Ia juga akan mengajukan pengadaan cash register supaya bukti-bukti pencatatan lebih akurat.

Rahmat HM

Entrepreneur

Related Posts

3 Comments


  1. sartono, 5 years ago Reply

    Cak gus & Mas Rahmat, Angkringan ki asem (AKA) memang mantabs


  2. sartono, 5 years ago Reply

    mantabs


  3. GusRiono, 5 years ago Reply

    Alhamdulillah…semua adalah berkah dari teamwork yang solid, konsisten dan komitmen yang terjaga.


Leave a Reply

Connect

Photo Gallery