Pembangunan Energetic Material PT Dahana Masuki Tahap Commissionin

Posted by at 2:51 am 0 Comment Print

Pusat Energetic Material (EMC) PT Dahana yang berlokasi di Subang Jawa Barat memasuki tahapan commissioning. Sebelumnya project pembangunan prestisius yang dibangun di atas tanah seluas 600 Ha ini peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro pada 4 Desember 2010 lalu.

EMC ini akan menjadi pusat penelitian dan pengembangan bahan berenergi tinggi se-Asia Tenggara. Bekerja sama dengan PT PP, di lokasi EMC ini akan berdiri beberapa pabrik baru, gudang, laboratorium, pusat pelatihan, penelitian, dan fasilitas pendukung lainnya. Saat ini, di samping kompleks perkantoran yang sudah rampung, telah beroperasi beberapa pabrik dan gudang bahan peledak.

Dirut PT Dahana Tanto Dirgantoro dalam sambutannya pada acara syukuran dan commissioning pada 20 November 2011 mengatakan bahwa EMC inimerupakan project strategis dalam mendukung kemandirian industry pertahan RI.

“Dengan hadirnya EMC ini, maka kebutuhan untuk bahan peledak komersial dan militer akan dipenuhi oleh produksi dalam negeri, yaitu melalui EMC ini,” kata Tanto Dirgantoro.

PT Dahana merupakan perusahaan persero milik BUMN yang melayani kebutuhan bahan peledak komersial. Pertama kali berdiri pada tahun 1966 di lingkungan pangkalan TNI-AU Tasikmalaya ditandai dengan pembangunan pabrik dinamit (NG based). Seiring dengan perkembangan teknologi dan permintaan pasar, pada tahun 1991 dilakukan alih teknologi Water Based Emulsion yang mempunyai derajad keamanan (safety) lebih tinggi dengan produknya dari jenis ‘Cartridged Emulsion’. Pabrik bahan peledak DANFO didirikan dengan kemampuan rekayasa Dahana sendiri pada tahun berikutnya.

Rahmat HM

Kilas Bisnis

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery