Kupas Tuntas Bisnis F&B Prospektif Tahun 2012

Posted by at 1:27 am 0 Comment Print

Pembaca, edisi November 2011, kami mengangkat tema 100 peluang bisnis food & Bavarages  prospektif tahun 2012, dengan tolak ukur bisnis tersebut harus mempunyai market base yang luas, bukan produk musiman, dan nilai investasinya terjangkau, dan gerainya tersebar di mana-mana. Mengapa hal ini menjadi patokan kami dalam melihat, menganalisa, dan membedah bisnis kuliner yang diprediksi akan mencorong tahun depan?

Salah satu alasannya adalah bisnis F&B  yang punya kapasitas pasar yang besar. Namun, market size yang besar, jika tanpa diikuti dengan berbagai strategi marleting, branding, dan sistem operasional yang baik, maka pelan tapi pasti, akan mudah tenggelam dilindas roda persaingan. Sebaliknya, jika bisa menaklukkan pasar dalam negeri, maka sebuah brand dapat dengan mudah menembus pasar luar negeri atau minimal bisa Berjaya di kawasan ASEAN.

Pola berfikir global setidaknya sudah mulai ada dalam jiwa beberapa merek kuliner lokal. Salah satunya adalah Pecel Lele Lela, yang punya visi bisa merajalela di berbagai belahan ASEAN, dan dunia. Kini, brand yang dibesut oleh Rangga Umara itu mulai bersiap-siap menyasar pasar ASEAN dan Arab Saudi. Tak hanya Rangga, Ayam Bakar Mas Mono pun sama, visinya menancapkan cengkeraman kukunya di pasar kuliner Indonesia sangat membumi. Namun, brand ciptaan Agus Pramono ini lebih mengutamakan untuk menggempur pasar Jakarta dulu, baru bersiap untuk menyasar pasar daerah.

Dan masih banyak lagi pelaku usaha food & bavarages yang siap mengguncang pasar kuliner nusantara, dengan berbagai strategi marketing, branding, dan sistem operasional yang excellence. Kuncinya, ada pada kreativitas dan inovasi yang menjadi ruh bagi kelangsungan sebuah bisnis. Tanpa itu, derap langkah usaha bisa jadi salah, dan terjun bebas ke dasar jurang. Sinyal ini yang harus pandai dibaca oleh pelaku usaha kuliner di Indonesia.

Pembaca budiman, perlu kami beritahukan, sejak perpindahan manajemen, per tanggal 01 November 2011, Tabloid Business Opportunity Indonesia resmi menjumpai pembaca setiap awal bulan. Dengan harapan makin banyak pembaca yang bisa mendapat informasi peluang bisnis lebih awal dari biasanya. Selain itu, kami pun masih membenahi beberapa tampila lay out atau desain Tabloid Bo, semua itu demi kenyamanan pembaca menikmati setiap sajian peluang bisnis yang disajikan dalam Tabloid BO, dan bisa mendorong pembaca sekalian menjadi pengusaha dan memajukan kewirausahaan di Indonesia.  Tak lupa, kami sampaikan terima kasih atas kepercayaan pembaca semua menjadikan Tabloid BO menjadi referensi ide dan peluang bisnis sebelum menjalani kegiatan usaha. Akhir kata, selamat menikmati sajian kami.

Salam Wirausaha!

Mahmud Yunus

Pemred Tabloid BO

Jendela

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery