Raja Sapta Oktohari (Pengusaha Muda dan Promotor Tinju International)

Posted by at 1:44 pm 0 Comment Print

Raja Sapta Oktohari banyak dikenal sebagai promotor tinju. Tapi tak hanya itu, pengusaha muda ini juga punya segudang bisnis besar lainnya. Bagaimana kiprahnya di dunia bisnis?

Jika Anda pecinta olahraga tinju tentu sudah menyaksikan laga tanding juara dunia kelas bulu WBA Chris John melawan Daud Yordan yang berlangsung di PRJ Kemayoran April lalu. Sang Naga Chris John sukses mempertahankan gelar juara dunia. Ia menang angka mutlak atas penantangnya Daud Yordan yang juga berasal dari Indonesia. Anda juga tentu tahu siapa yang menjadi promotor pertandingan ini. Dia adalah seorang pengusaha muda pemilik Mahkota Promotion Raja Sapta Oktohari.

Melalui bendera Mahkota Promotion, putera kedua seorang tokoh nasional H. Oesman Sapta ini memang sudah beberapa kali menjadi promotor berbagai pertandingan olahraga kelas international terutama tinju. Dunia tinju, bukanlah hal baru bagi pria yang akrab dipanggil Okto ini. Ketika Ellyas Pical menjadi juara dunia, saat itu ayahandanya telah menjadi promotor. Ia juga pernah menyelenggarakan pertandingan tinju antara Daud yordan melawan Robert Alanic di Filipina dan beberapa pertandingan Daud Yordan di Amerika Serikat.

“Melalui olah raga ini saya ingin mencuri perhatian dunia,” kata Okto, “Untuk itu pertunjukan olahraga kita perlu dibuat kemasan yang menarik. Sekarang sudah saatnya kita melakukan industrialiasai di dunia olahraga.”

Sosok Okto ini memang penuh warna. Pengusaha muda ini senantiasa tampil enerjik dengan pemikiran, gagasan, dan terobosan-terobosan baru. Realita itu paling tidak tercermin dalam menggelar kejuaraan tinju dunia antara Chris John melawan Fernando David Saucedo dari Argentina dan Daud Yordan melawan Damian David Marciano (Argentina) pada 5 Desember tahun lalu. Kematangan perhitungan dan naluri bisnisnya membuat Okto sukses menerobos mandeknya dunia kepromotoran tinju di Indonesia.

Pria beranak satu kelahiran Jakarta 15 Oktober 1975 ini ingin mengajak pengusaha khususnya di bidang promotor olahraga untuk menghidupkan kembali dunia kepromotoran di Indonesia. Okto melihat masih langkanya pengusaha yang bergerak di bidang ini. Kalaupun ada, mereka tidak bisa mengemas pertunjukan yang menarik sehingga layak jual. Okto ingin olah raga di Indonesia juga menjadi tontonan yang dikemas menarik sehingga mampu menaikan nilai jual di mata dunia.

Okto mulai merambahi bisnis tinjunya sejak tahun 2008. Sebelumnya ia pernah menggeluti bisnis perdagangan beras di Makasar setelah menyelesaikan studinya di Amerika pada tahun 1994. Okto kemudian melebarkan sayap dengan membuka bisnis garmen di Tanah Abang Jakarta Pusat. Sekitar 2001-2002, Okto mengibarkan bendera Renaissance Sinergi Optima (RSO) Group, menjalankan roda bisnis yang tersebar di tanah air antara lain mining plantations, perikanan, transportasi, komunikasi, dan perhotelan.

Untuk usianya yang terbilang masih muda, Okto memang bisa disebut sebagi pengusaha muda yang mumpuni. Selain jadi promotor, saat ini ia juga telah menangani belasan perusahaan seperti menjadi pemilik PT.Enggang Air Service (private jet), Direktur utama Hotel Mahkota Kayong, Pemilik RSO sekuritas PT. Reinvesta surya Optima, Pemilik RSO Energy PT.Renaissance Sinergi Optima, Pemilik Pelabuhan dan Cold Storage Kayong,  Pemilik Mahkota Promotion, dan lain-lain.

Saat ini Okto juga tengah meramaikan bursa pemilihan Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) untuk periode 2011 – 2014. Melalui organisasi perkumpulan pengusaha muda ini, Okto ingin mengkader pengusaha-pengusaha muda di Indonesia. Jumlah pengusaha di Indonesia yang baru mencapai 0,18% ini dikatakan belum mencapai angka yang normal untuk jumlah penduduk di Indonesia. Bisa dikatakan normal, kata Okto, kalau jumlah pengusaha sudah mencapai angka minimal 2%.

“Ini adalah tantangan bagi saya. Indonesia jangan selalu jadi pasar buat negara lain. Generasi muda harus berkreasi dan lebih produktif agar bisa menghadapi dunia global yang makin kompetitif,” ucap Okto dengan nada penuh semangat.

Rahmat HM

Entrepreneur

Related Posts

Leave a Reply

Connect

Photo Gallery