Peluang Manis Jadi Agen Roti Swanish

Posted by at 7:28 pm 6 Comments Print

Berkembang pesat di kawasan Jabodetabek melalui sistem keagenan.  Ke depan, PT Swanish Boga Industria akan mengembangkan jaringan kemitraannya ke berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana peluang keagenan yang ditawarkannya?

Perusahaan roti ini awalnya merupakan home industry. Seiring waktu, banyak pedagang roti yang datang berminat menjadi reseller roti Swanish. Kala itu, menurut Melliyarti Kusuma Wardani, Sales & Marketing Manager PT Swanish Boga Industria, krisis ekonomi mendera banyak perusahaan roti yang gulung tikar, memaksa mereka (para pedagang roti keliling, red) datang dan meminta dibuatkan gerobak untuk berjualan.

Melihat peluang berkembang, Perusahaan tak menyia-nyiakan permintaan itu. Kapasitas produksi merangkak naik. Apalagi keahlian mereka memang berjualan roti. Dengan memperhatikan segala kemungkinan dan kalkulasi bisnis yang matang. “Kami memberanikan diri meminjam uang di bank. Alhamdulillah dapat, dari situ kita bina sistem keagenannya,” ujar  Ibu Melly. Walau tak mudah, sistem itu terus disempurnakan. “Saat itu kami tidak langsung merekrut agen, tetapi melihat kapasitas dan kemampuan para tenaga sales kami dalam menjual produk dan berinteraksi dengan konsumen, ketika kami lihat attitude-nya baik, maka kami dorong menjadi agen.

Menurut Sobur yang kebetulan membawahi divisi kemitraan, bahwa pola kemitraanyang dikembangkan Swanish adalah pola kerjasama yang saling menguntungkan berdasarkan prosentase penjualan antara agen dan para pedagang. “Ada sistem bagi hasil yang saling menguntungkan,” katanya menjelaskan. Para agen akan disupport dari sisi produk yang akan dijual beserta fasilitas pendukungnya seperti gerobak, sepeda motor, becak dan sepeda. Sedangkan kewajiban agen adalah memasarkan produk door to door ke konsumen.

Untuk diketahui, saat ini PT Swanish Boga Industria memiliki beberapa produk roti dengan segmentasi berbeda dan juga dikembangkan dengan sistem keagenan dan pola prosesntase yang sama. “Kalau Swanish segmentasinya untuk kalangan menengah atas, sedangkan roti Raja membidik segmen menengah ke bawah.

Menariknya, prosentase yang ditawarkan pun cukup menguntungkan. Besaran margin untuk pedagangnya, tambah Sobur, dipatok antara 20% hingga 24%. “Tergantung jenis rotinya yang laku dan seberapa banyak ia mampu menjualnya dalam sehari,” ujarnya. Adapun margin yang diperoleh agen berkisar antara 10% sampai 12%. “Dari kami ke agen besarnya mencapai 30% sampai 35%, karena agen harus memberikan diskon kepada para pedagang yang berada di bawah pembinannya,” kata Sobur.

Saat ini, jumlah agen Swanish sudah hampir tersebar di seluruh wilayah di kawasan Jakarta, Bogor, Sepok, Tangerang, dan Bekasi. “Bahkan kami ada di Banten, Jawa barat, dan akan berkembang ke Jawa Tengah,” katanya. Salah satu agennnya adalah Bahro. Ia bercerita awal perkenalannya dengan Swanish ketika ia bertemu Pak Angki (Direktur PT. Swanish Boga Industria ). “Saya jualan Swanish dan diminta jadi agen,” katanya mengenang. Kunci suksesnya ia selalu transfer pengetahuan pada para hawker (pedagang roti keliling-nya). “Hanya dengan itu kita bisa meningkatkan penjualan,” katanya.

Dari hasil dari berjualan Swanish itu, Bahro dapat memiliki 5 buah motor dan sebuah rumah di Jakarta. Sama dengan Anton, agen Swanish di daerah Bogor pun sangat disiplin mengontrol penjualan hawker-nya. “Mereka harus setor dulu sebelum jualan, kalau enggak dia pasti setornya kurang,” katanya. Karena itu, ia selalu menekankan para hawker-nya untuk selalu berpakaian rapi, ramah dengan konsumen, dan jangan sampai menghapus banderol, dan menaikan harga.

Dengan sistem kemitraan dengan konsep ‘kasih sayang’ ini, Sobur menambahkan, pola kemitraan yang dicetuskan Swanish menuai berkah bagi perusahaan, agen, dan pedagang. “Tak heran jika Swanish bisa berkembang berkat filosofinya seperti karena bumbunya adalah kasih sayang,” katanya. Artinya, sistem yang diberlakukan adalah memberikan pemberdayaan pada pedagang untuk maju. “Karena itu, banyak kisah dari agen-agen kita yang sudah bisa membeli rumah, dan menyekolahkan anaknya hingga sarjana dari berjualan roti Swanish,” katanya. Ia menyambung, semua itu tergantung keulatan dan kegigihan mereka di lapangan.

Adapun investasi keagenannya, menurut Sobur sangat sederhana. “Yang diperlukan adalah lokasi atau rumah kontrakan dan surat kepemilikan asset lainnya yang bisa dijadikan jaminan,” katanya. Karena bisnis ini adalah soal kepercayaan, maka Sobur pun tak langsung melepas agen dan pedagangnya untuk berjualan dengan pola mereka sendrii. “Kami punya mekanisme control dan training untuk mengawasi penjualan mereka,” katanya. Dari situ, skill dan keahlian menjual roti memberi kesan bagi konsumen. “Pola itu membuat sales kami bisa ” katanya. Pembinaannya meliputi pelatihan motivasi dan komunikasi.

“Calon agen harus menyetorsave deposit 500 Ribu per gerobak, dan 3 faktur pertama harus cash, selanjutnya bisa berhutang 1 faktur,” katanya. Swanish pun memberikan  bonus atau insentif setiap menjelang lebaran dengan kriteria sales penjualan terbanyak dan terbaik. “Yang kita kasih insentif adalah mereka yang penjualannya paling banyak,” katanya. Adapun insentifnya berupa uang dan barang seperti TV, Kulkas, dan lainnya. “Ini cara kami memotivasi mereka,” kata Melly. Hingga kini, jumlah pedagang roti Swanish mencapai 1000 orang.

Kunci Swanish bisa besar ada pada kualitas produknya. “Bagi saya lebih baik margin tipis dari pada harus mengurangi resepnya,” katanya. Karena itu, Melly menjelaskan, konsumen lebih memilih Swanish karena faktor kualitas dan kepadatan isi. “Walau lebih mahal, kualitas kami lebih baik,” klaimnya.

Selain mengembangkan sistem keagenan, Swanish hadir di modern outlet seperti Lotte, Carrefour, dan Hypermart. “Agar frontliners kami lebih percaya diri dalam memasarkan produk ini,” katanya. Swanish sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI, dan izin dari Kementerian Kesehatan.

Info Usaha Keagenan

Related Posts

6 Comments


  1. Keren, 3 years ago Reply

    Terinspirasi dari sini


  2. elisa, 2 years ago Reply

    aya ingin sekali berjualan roti keliling, saya memliki sepeda motor.
    bisa tidak saya bergabung dengan swanis roti.
    085811127219


    • hadi, 2 years ago Reply

      hey


  3. hadi, 2 years ago Reply

    saya memiliki resep pembuataan roti tawar ,yang pastinya lembut,gurih,n kenyal,asli dipke oleh perusahaan roti terkenal di eropa,resep asli n bukan ece- ece,siap bekerja sama or jual resep!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    hub:083811607421 di jamin ok!!!!!!!!!!!!!!


    • hadi, 2 years ago Reply

      sya memiliki resep roti tawar yang pastinya lembut,gurih ,n kenyal .Asli dipake diperusahaan roti terkenal
      sangat ASLI bukan ece-ece.siap kerja sama or jual resep.

      hub:083811607421 SERIUS


  4. Aditya Anugerah, 2 years ago Reply

    Lalu bagaimana untuk sistem pendaftaran agen? terima kasih, tolong dikasih info ya. tambak_boyo_32@yahoo.com
    Terima kasih


Leave a Reply

Connect

Photo Gallery